Menawar merupakan kebudayaan yang banyak dilakukan oleh semua orang di dunia. Ketika berada dipasar atau penjual yang tak mematok harga yang pasti maka dapat dipastikan pembeli bakal menawar harganya.
Penawaran biasa dilakukan karena terkadang penjual di tempat cinderamata ataupun oleh-oleh seringkali memberi harga yang tinggi. Berikut ini tips yang akan membantu dalam menawar ketika travelling .
Pelajari Pasar Setempat
Berkelilinglah pada sekitar pasar dan bandingkan harga pada toko-toko yang lainnya. Kemudian tanyakan harga sebelum memulai menawar.
Pelajari Frasa dalam Bahasa Mereka
Carilah celah supaya penjual bisa memberikan harga yang miring dan sesuai pada kesepakan bersama. Maka sebaiknya, pelajarilah kata yang sering diucapkan penjual pada tempat wisata.
Lakukan Percakapan Sebelum Menawar
Luangkan beberapa menit untuk bercakap dengan penjual sebelum menawarnya. Percakapan kecil bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan penjual. Penjual bakal mudah membuat kesepakatan apabila sudah meluangkan waktu yang lama untuk berbicara.
Kenali Barang yang Dimau
Apabila menyukai barang yang dijual, janganlah membuat si penjual tahu kalau barang tersebut sangat diinginkan. Sebab jika mereka tahu, maka akan kehilangan kekuatan untuk menawar dan mereka bakal memberi harga yang tinggi.
Mulailah dari Harga yang Diminta
Bisa melakukan penawaran dari 25% sampai 50% dari harga barang yang tertera. Apabila penjual memulai dengan harga yang tinggi, maka mulailah menawar barang tersebut 50% dari harga yang ditawarkan. Apabila penjual tak mau, maka coba kurangi menjadi 35% dari harga  dan berhentilah di angka 25% dari harga yang tertera.

 
Keywords : tips traveling,tips belanja saat traveling,belanja oleh oleh,traveling murah,tour murah