Pulau Dayang Bunting bukanlah sekedar unik dari namanya, namun pulau yang berada di Malaysia ini mempunyai danau yang kabarnya dapat menyuburkan kandungan.

Mitos tersebut ada dengan sendirinya dari mulut ke mulut sampai mendunia. Banyak pelancong yang sangat tertarik dengan kecantikan pulau ini dan mau membuktikan mengenai mitos tersebut. Bukan hanya masyarakat lokal, turis dari luar pun berdatangan demi melihat langsung tempat ini. Namun tentunya tempat ini kebanyakan dikunjungi oleh traveler kaum hawa.

Konon katanya, di pulau ini ada sepasang suami istri yang bernama ‘Membang Sari’ dan ‘Mat Teja’. Membang Sari adalah seorang bidadari yang sangat cantik. Keduanya menginginkan keturunan, sampai akhirnya mereka memperoleh apa yang mereka inginkan.

Tetapi, tak lama dari kelahirannya, bayi itu meninggal dunia. Membang Sari yang sangat menyayangi bayinya membiarkan bayinya beristirahat dengan damai di dalam sebuah danau.

Karena musibah kehilangannya itu, Membang Sari dan suaminya berharap wanita mana saja yang mandi pada danau itu bakal diberikan kesuburan di rahimnya dan kesehatan untuk dirinya hingga sang janin lahir. Berdasarkan cerita yang beredar, bayi Membang Sari dimakamkan dalam danau air tawar yang ada di tengah Pulau Dayang Bunting.

Airnya yang sangat jernih kehijauan apabila dilihat dari atas udara. Air yang tenangpun seakan-akan mengajak wisatawan untuk menceburkan diri untuk mandi ke dalamnya. Tepian Danau Bunting terdapat sebuah dermaga kayu. Dermaga ini menjadi tempat untuk pengunjung yang mau berenang dan menikmati keindahan alam Dayang Bunting.

Bukit-bukit nan hijau yang mengelilingi pulau ini, jika dilihat dari atas akan menyerupai bentuk wanita yang sedang hamil. Hal tersebut juga yang mempengaruhi pemberian nama dari Pulau ini.

Para pengunjung dapat mengelilingi danau air tawar Dayang Bunting dengan perahu. Untuk mencapai pelataran Dayang Bunting, traveler membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Dermaga Kuah di Langkawi. Kemudian perjalanan bakal dilanjutkan memakai speedboat menuju Dayang Bunting.

 
Keywords : danau dayang bunting,danau cantik indonesia,danau indonesia,wisata pulau indonesia