Jika berkunjung ke Maluku jangan hanya menikmati wisata baharinya saja. Pulau yang tak diragukan lagi kekayaan dan pesonannya ini masih saja menggoda dengan keelokan hutan dan binatang endemiknya yang sangat eksotis.

Taman Nasional Manusela, tidak banyak wisatawan yang tahu tentang taman nasional yang jadi satu-satunya tempat tinggal kupu-kupu paling besar di dunia yaitu Goliath Birdwiding. Kupu-kupu ini mempunyai rentang sayap 18 sampai 23 cm panjangnya.

Manusela menjadi salah satu destinasi wisata yang jarang didatangi turis domestik ataupun mancanegara karena informasi yang diperoleh dari media sangat minim.

Padahal taman nasional ini mempunyai begitu banyak jenis binatang, ada kira-kira 117 jenis burung, 14 diantaranya hanya bisa ditemui di taman nasional ini misalnya kasturi tengkuk ungu, nuri bayan, kakak tua Maluku, dan 11 burung endemik lainnya yang menunggu ketakjuban saat melihatnya.

Pada taman nasional ini, tak hanya hutan yang bakal wisatawan bisa jelajahi, namun juga ekosistem panti, hutan dataran rendah, hutan rawa, dan hutan hujan pegunungan. Jadi harus mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang sebelum berangkat ke taman nasional ini.

Untuk para pendaki yang mau mendaki gunung Binaiya yang ada di dalam taman nasional Manusela, akan disarankan untuk membawa peralatan yang lengkap dan siapkan kebugaran tubuh sebab akan ada banyak kejutan pada setiap momen di medan yang akan dirasakan.

 
Keywords : wisata maluku,taman manusela maluku,jalan jalan maluku,trip maluku,tiket murah,tiket pesawat murah,davestpay