Tidak banyak yang mengetahui bahwa Karimunjawa memiliki spot diving yang super keren. Airnya yang jernih dan tenang, perairan ini sangat tepat untuk diving dan dikenal dengan nama ‘Menyawakan’. Dengan air yang berwarna biru muda dan arus tenang, para traveler dapat melihat dasar laut yang mempunyai kedalaman sekitar 15 meter. Seperti kebung bunga, karang-karang mekar dengan indah pada dasar laut ini.

Bukan hanya itu, ikan-ikan cantik yang tengah sedang schooling pun tampak berada di atas karang. Traveler dapat merekam aksi schooling mereka dengan berenang perlahan pada sisi belakang ikan.  Anemo dan si ikan Nemo pun juga terlihat berada di dasar perairan. Untuk yang hobby memotret, mengambil gambar dari ikan-ikan ini akan sangat Instagramable.

Bukan cuma mempunyai air yang bening, kenyataannya pada perairan ini bisa juga ditemui adanya bangkai kapal. Walaupun sudah hancur, dan tinggal pinggiran kapal yang melengkung sepanjang 7 meter, adanya spot ini membuat perairan ini makin mengundang penasaran untuk berenang lebih dalam. Adapula karang-karang yang secara berkelompok tampak menutupi sisa-sisa dari badan kapal. Sangat menarik bukan?

 
Keywords : lokasi diving,referensi lokasi diving,diving karimunjawa,wisata diving,tiket murah