Pulang kampung sudah menjadi tradisi yang dianggap sakral untuk mengisi momen menjelang sampai sesudah lebaran.

Sudah mengakar pada budaya Indonesia bahwa ketika momen lebaran datang, ritual mudik menjadi wajib hukumnya sebab semua orang perlu bersilaturahmi dengan keluarga terkasih untuk kembali dengan hati yang bersih.

Sekarang ini, karena banyaknya kecelakaan yang terjadi akibat mudik via darat, belum lagi kemacetan yang selalu membuat waktu perjalanan pulang kampung menjadi terbuang percuma. Banyak orang yang lebih memilih destinasi dengan lewat udara.

Para pemudik akan mencari tiket jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan . misalnya dengan mencari tiket pesawat pada situs book online terpercaya seperti davestpay.com. Lalu bagaimanakan caranya pulang kampung dengan nyaman dan aman via udara, terkhusus untuk para keluarga muda yang sudah mempunyai anak, simak tips di bawah ini.

Membuat daftar barang bawaan

Jauh sebelum waktu keberangkatan, usahakan untuk membuat daftar barang bawaan yang bakal dibutuhkan selama perjalanan. Daftar ini yang nantinya bakal membuat keluarga lebih mudah dalam melihat barang apa saja yang telah di bawa dan apa yang masih belum dikemas.

Menyiapkan boarding pass atau tanda pengenal

Bukan hanya membawanya, namun menyimpannya ditempat yang mudah diraih dan aman juga sangat perlu diperhatikan. Boarding pass dan tanda pengenal adalah dua benda yang sangat sering dicek selama berada di area bandara. Bahkan penumpang masih bakal diminta menunjukkan boarding pass di depan pintu masuk pesawat.

Datanglah lebih awal

Sangat perlu diingat, datanglah lebih awal sebelum keberangkatan terlebih dengan membawa anak serta. Luangkan waktu satu jam atau dua jam lebih awal dari biasanya untuk mencapai tempat tujuan  sesuai dnegan waktu yang diperkirakan. Perkirakan juga peluang kemacetan ketika menjelang arus lebaran ketika pulang kampung.

Dengan datang lebih awal, akan mengantisipasi jika ada sesuatu yang tertinggal atau ada hal yang perlu dibeli di area sekitar bandara. Atau pada saat anak harus mengganti baju ataupun popok saat itu juga.

Sempatkan ke toilet jauh sebelum waktu keberangkatan

Sempatkan masuk ke toilet sebelum memasuki boarding gate. Hal ini akan mengantisipasi dari adegan berlari-lari mengejar pesawat atau yang paling parah adalah ketinggalan pesawat. Walaupun ke toilet terkesan mudah, namun ketika membawa barang bawaan yang cukup banyak ditambah juga dengan si kecil, otomatis akan memakan waktu lebih banyak dan melelahkan.

Pilih perlengkapan tambahan yang ringan dan praktis

Ketika mudik bersama dengan keluarga dan si kecil, barang bawaan pasti bakal bertambah dua kali lipat. Jadi buatlah perjalanan mudik menjadi nyaman dengan membawa perlengkapan tambahan yang praktis dan ringan misalnya ketika harus melipat stroller ke dalam kabin pesawat atau menenteng car seat, prosesnya akan jadi lebih mudah dan juga cepat.

Gunakan tas kecil yang praktis

Tas kecil ini berguna dalam menyimpan barang yang selalu diambil dan dimasukkan kembali misalnya ponsel, boarding pass, paspor, mainan anak dan lain sebagainya. Jadi tak sulit ketika akan meraih dan meletakkannya lagi.

Simpan makanan anak di tempat kedap cairan dan udara

Menyimpan makanan anak haruslah menggunakan tempat yang kedap udara dan cairan. Selain untuk menjaga kualitas makanan, juga dapat menjaga barang-barang lainnya didalam tas. Yang perlu diingat, makanan untuk anak harus lebih diperhatikan karena tidak bisa disamakan dengan makanan orang dewasa.

 
Keywords : tips naik pesawat,naik pesawat dengan anak,tips traveling,tiket pesawat murah,tiket murah