Kota Maumere dan sekitarnya merupakan kawasan yang mempunyai kekayaan budaya di Flores, NTT. Ibu Kota Kabupaten Sikka ini contohnya masih mempunyai rumah adat yang masih dapat dilihat di beberapa desa misalnya rumah adat Lepo Gete dan Lepo Kirek.

Rumah adat yang disebut Lepo Gete berada di Pantai Selatan Kabupaten Sikka, pada Kecamatan Lela yang berjarak 27 km dari Kota Maumere. Walaupun terlihat mirip rumah biasa, tetapi rumah adat Lepo Gete mempunyai sejarah penting untuk kerajaan pada masa lalu.

Pada kenyataanya, Lepo Gete adalah peninggalan sejarah dari istana kerajaan Sikka dan sekaligus menjadi pusat dari pemerintahan kerajaan Sikka, terpenting pada masa penjajahan Portugis abad ke XVI dan Belanda abad ke XVII.

Sedangkan, rumah adat Lepo Kirek dapat ditemui di Desa Hewokloang dengan jarak kurang lebih dari 19 km dari Maumere dan menjadi salah satu spot wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan dan juga peneliti budaya.

Dengan arsitektur lokal, rumah adat in dilengkapi dengan barang-barang peninggalan dari turun temurun. Beberapa peralatan rumah tangga misalnya piring, tempayan keramik, dan mangkok juga ada disana, bahkan terdapat patung kerbau yang sakral dan fosil dari gading gajah.

 
Keywords : rumah adat lepo gete,moumere,wisata ntt,tour murah ke ntt,tiket murah