Tampaknya Kabupaten Kulon Progo dalam beberapa tahun belakangan ini sedang menggiatkan dalam pengembangan potensi wisata alam di wilayahnya. Karena diberikan Anugerah berbagai macam tempat yang indah, maka pemerintah setempah gencar membangun infrastruktur untuk menunjang pariwisata di kabupaten ini. Saat ini, objek wisata yang paling populer adalah Grojogan Sewu.

Tidak hanya di Karanganyar Jawa Tengah saja, Air Terjun Grojogan Sewu ternyata ada juga di Kulon Progo Yogyakarta.  Dengan nama yang sama, keindahannya juga sama pula.

Kulon Progo adalah suatu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlokasi di sebelah barat. Kabupaten ini dilewati Perbukitan Menoreh pada sebelah utara membuat daerah ini masih sangat asri.

Untuk mencapai Grojogan Sewu, memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat dari pusat Kota Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi cantiknya Perbukitan Manoreh.

Menjangkau Grojogan Sewu, masih membutuhkan perjalanan 15 menit dengan berjalan kaki dari lokasi parkir. Perjalanan akan lebih menyenangkan karena banyak pepohonan rindang di sebelah kiri dan kanan jalan ketika menyusuri jalan setapak. Udara yang sangat sejuk dan indahnya pemandangan hijau dari pepohonan akan seketika menyegarkan pikiran.

Untuk memasuki kawasan air terjun ini, hanya merogoh kocek Rp 3000. Setibanya di air terjun, wisatawan akan langsung melihat pesona dari Grojogan Sewu. Terdapat beberapa tingkatan air terjun, ada yang sudutnya 90 derajat, adapula yang bentuknya sama dengan perosotan. Di bagian atas, terdapat sebuah kedung yang biasanya dijadikan sebagai tempat mandi untuk pengunjung. Airnya yang jernih dan mempesona pastinya akan mengundang pengunjung untuk terjun kedalamnya. Tetapi dihimbau untuk tetap berhati-hati karena kedung tersebut lumayan dalam.

 
Keywords : grogojan sewu jogja,wisata kulon progo,jalan jalan kulon progo