Pesona laut di Bima Nusa Tenggara Barat, tampaknya tidak kalah menarik dengan tetangganya Nusa Tenggara Timur. Salah satu pantainya yang berada di ujung timur Pulau Sumbawa buktinya sangat indah dan unik, sebab ada bagian pantainya yang ternyata terbelah dua.

Fenomena ini ada terletak di Pantai Lariti, kawasan Sape di Bima. Dari pinggir pantai yang mempunyai pasir putih, wisatawan bisa melihat sebuah pulau kecil yang hanya berjarak sekitar 250 m pada seberang pantai.

Pulau kecil ini mempunyai jalan atau jembatan penghubung ke Pantai Lariti. Jalan yang lebih tinggi dari sisi kanan dan kirinya yang terisi air ini membuat lautan di sekitarnnya tampak seperti laut yang terbelah dengan ombak yang menghujam dari sebelah timur.

Pada saat laut surut, jembatan akan terbuka lebih lebar dan mongering, jadi wisatawan dapat menyeberang dengan aman menuju pulau di seberang. Apabila sedang pasang, wisatawan mungkin harus lebih berhati-hati karena pasir akan terasa lebih licin.

Pantai ini luamayan ramai didatangi masyarakat, meskipun belum terlalu ramai. Dari pusat kota Bima, pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan selama kurang lebih dari dua jam melalui perbukitan dan desa-desa di kabupaten.

 
Keywords : laut bima ntb,bima nusa tenggara barat,laut terbelah indonesia