Bagi para pencinta petualangan sekaligus memperoleh ilmu baru tentang keindahan budaya dan alam, maka hutan Taman Wisata Alam Batu Putih yang berlokasi di Sulawesi Utara merupakan  salah satu lokasi yang sangat tepat.

Berada di dalam Taman Nasional Tangkoko, kawasan ini terbagi menjadi tiga bagian utama, yakni kawasan pantai, pegunungan, dan hutan. Taman Wisata Alam Batu Putih termasuk dalam kawasan hutan  dataran rendah dengan pantai yang merupakan perbatasan dibagian tenggara.

Berada di ketinggian dari nol hingga sekitar 200 mdpl, track yang dapat dilewati wisatawan saat berpetualang di hutan Taman Wisata Alam Batu Putih begitu beraneka ragam medannya, mulai dari jalur landai, menyempit, dan beranjak terjal.

Para wisatawan dapat menggunakan jasa pemandu resmi untuk menjelajahi Taman Wisata Alam Batu Putih dengan jalur yang pendek hingga panjang. Pemandu ini akan sangat berguna untuk wisatawan yang penasaran untuk menemukan binatang langka di hutan tersebut.

Luas hutan yang sekitar 615 hektare ini dihuni oleh berbagai fauna endemik Sulawesi, misalnya tarsius dan monyet hitam. Bukan hanya itu, juga ditemukan babi hutan, burung rangkong, dan anoa.

Tetapi tidak hanya fauna yang menarik, di kawasan Taman Wisata Alam Batu Putih ini juga memiliki flora yang tidak kalah eksotiks. Misalnya pohon fikus, pohon kulit hitam, dan coro akan menjadi teman perjalanan wisatawan di sana.

Hutan wisata ini berlokasi di Kota Bitung Utara, Sulawesi Utara. Dari pusat kota Manado, hutan dapat dijangkau dengan berkendara sejauh sekitar 60 km atau dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan  lewat darat. 

 
Keywords : hutan batu sultra,wisata hutan batu,hutan batu di sulawesi utara