Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung sedang digemari para muda-mudi Indonesia. Hal tersebut didukung karena Indonesia memiliki keindahan alam yang begitu indah dan mempesona termasuk di kawasan pegunungannya.

Untuk para pendaki pemula yang masih belajar untuk mendaki gunung, berikut ini 3 rekomendasi gunung yang bisa jadi referensi .

Gunung Andong di Jawa Tengah

Terletak di perbatasan Salatiga, Magelang, dan Semarang, Gunung Andong menjadi salah satu gunung ideal yang wajib di daki para pemula. Gunung ini memberikan beragam pemandangan indah, termasuk penampakan Gungung Merbabu yang sangat mempesona. Jalurnya terbilang mudah dan sudah dilengkapi dengan papan penunjuk, jadi tidak perlu khawatir apabila ingin naik sendirian.

Gunung Papandayan di Garut

Apabila ingin mengajak buah buah hati mendaki, Gunung Papandayan dapat menjadi pilihan tepat. Trek gunung ini cenderung landai dan pastinya aman untuk anak. Para pendaki pemula juga dapat memilih jalur Cisurupan yang merupakan jalur paling mudah untuk mencapai puncak.

Gunung Gede di Pangrango

Jika menginginkan trek yang sedikit menantang, Gunung Gede dapat menjadi pilihan yang tepat. Walaupun treknya bisa dikatakan sulit, tetapi sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah misalnya air terjun Cibeureum, telaga, sumber air panas, sampai hamparan padang edelweiss. Untuk para pemula, sangat disarankan untuk mengambil jalur Cibodas mengingat treknya yang lumayan landai.

 
Keywords : gunung andong jawa,gunung untuk pemula,tips mendaki pemula