Kazakhstan merupakan Negara pisahan dari Uni Soviet yang saat ini sedang gencar melakukan promosi pariwisatanya ke dunia tak terkecuali Indonesia.

Khazakhtan memiliki program khusus pemerintah untuk mempromosikan pariwisatanya untuk Indonesia. Kazakhstan membrikan tawaran wisata yang berbeda bagi Indonesia, karena mempunyai iklim, sejarah, dan atraksi wisata lain.

Kazakhstan terletak di kawasan Asia Tengah, dimana perbedaan ras dan kebudayaan timur juga barat dipertemukan. Wilayah Kazakhstan masuk dalam kawasan Asia Tengah namun sebagian kecil Eropa Timur.

Untuk urusan visa, Kazakhstan memiliki peraturan yang sangat ketat. Namun Kedutaan Besar Kazakhstan telah memberikan masukan ke pusat untuk menjadikan Indonesia ke dalam listing Negara yag bebas visa. Hal tersebut dilakukan agar Indonesia dapat berkunjung ke Kazakhstan dengan keringanan bebas visa dikemudian hari.

Lokasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan Indonesia yakni Resort ski di Shymbulak, kebun tulip, mendaki gunung Tien Shan dan Altai serta sebagai pusat luar angkasa terbesar di dunia, Baikonur Cosmodrome.

Dengan populasi muslim yang mencapai 70%, Kazakhstan menyajikan wisata umat Islam yaitu Masjid Nur Astana sebagai masjid terbesar di Kazakhstan.

Waktu terbaik untuk menikmati negeri dengan ibu kota Astana adalah pada bulan Maret hingga November. Walaupun belum ada rute langsung dari Indonesia ke Kazakhstan, wisatawan tanah air dapat melakukan perjalanan ke Bangkok, Kuala Lumpur, atau Hongkong dulu kemudian terbang ke Almaty atau Astana menggunakan penerbangan langsung milik Astana Air.

 
Keywords : kota kazakhstan,jalan jalan kazakhstan,trip dubai