Tahbis pencakar langit terbaik dunia atau The Best Tallets Building Worldwide 2016 yang diberikan kepada Shanghai Tower, telah diprediksi banyak kalangan.

Betapa tidak, Shanghai Tower yang berada di Kota Shanghai merupakan sebuah gedung yang dirancang secara berkelanjutan, ramah lingkungan dan representasi ruang komunal paling progresif yang ada dimuka bumi.

China boleh berbangga atas pencapaian Shanghai Tower karena mengalahkan negara-negara di dunia lainnya yang sejak jaman dahulu China telah lebih dulu membangun pencakar langit modern.

Tidak hanya mendapat gelar terbaik dari gedung setinggi 632 meter itu, China bahkan tampil sebagai nomor satu dunia kategori negara dengan pembangunan pencakar langit terbanyak.

Dari hasil penelitian Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), jumlah populasi bangunan tinggi di atas 300 meter atau supertall yang dikembangkan di Negeri Tirai Bambu tersebut sebanyak 53 gedung.

9 Dari 53 gedung pencakar langit di China masuk kategori supertall yakni gedung dengan ketinggian di atas 500 meter.

Gedung gedung itu adalah Suzhou Zhongnan Center (729 meter), Wuhan Greenland Center (636 meter), Ping An Finance Center setinggi 599 meter, Goldin Finance 117 setinggi 596,5 meter dan Global Financial Center Tower 1 (568 meter).

Berikutnya Guangzhou CTF Finance Center setinggi 530 meter, Tiangjin CTF Finance Center (530 meter), China Zhun Tower (528 meter) dan Dalian Greenland Center setinggi 518 meter.

Negara lain yang menyusul China yaitu Uni Emirat Arab (UEA) dengan 17 pencakar langit. Salah satunya merupakan gedung terjangkau di dunia yakni Burj Khalifa yang menjulang setinggi 828 meter dengan 163 lantai.

Burj Khalifa yang dikembangkan oleh Emaar Properties terdiri dari perkantoran, apartemen dan hotel.

Di posisi ketiga yaitu Amerika Serikat dengan 13 pencakar langit. Gedung paling tinggi dan sangat terkenal adalah One World Trade Center

Gedung perkantoran tersebut dirancang dengan tinggi gedung 541,3 meter yang memiliki 94 lantai. Pembangunannya selesai pada tahun 2014.

Rusia berada di posisi ke empat dengan empat pencakar langit. Kendati tak ada satu pun yang masuk kategori megatall, akan tetapi ke empat pencakar langit di Negeri Beruang Merah ini hanya memiliki ketinggian di atas 330 meter.

Gedung tertingginya adalah Lakhta Center yang dengan ketinggian 462 meter dan masih dalam proses pembangunan.

Mengekor Rusia di tempat kelima adalah Saudi Arabia dengan 3 pencakar langit. Salah satunya bakal menjadi yang terjangkau di dunia yakni Jeddah Tower.

Gedung tersebut didesain setinggi 1 kilometer atau 1000 meter yang mencakup 167 lantai. Di dalamnya kelak akan dibuat beberapa ruang apartemen, perkantoran, hotel dan apartemen servis.

 
Keywords : china,gedung pencakar langit,gedung tertinggi di dunia,jalan jalan