Dari traveling, kamu akan menemukan pelajaran dan pengalaman berharga yang belum pernah kamu temukan sebelumnya dalam rutinitas kamu. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru yang bisa menjadi inspirasimu.

Banyak orang yang beranggapan kalau traveling harus dilakukan bersama teman-teman. Mungkin ini benar, tetapi tidak sepenuhnya benar juga. Terkadang, traveling sendirian memiliki sensasi yang berbeda dengan pada saat kamu traveling bersama teman-teman. Berikut ini 7 keuntungan traveling sendirian alias solo traveling yang tak akan kamu dapatkan saat traveling bersama orang lain.

1. Lebih terbuka pada pengalaman baru dan berani untuk keluar dari zona nyaman kamu

Saat kamu traveling sendirian, kamu akan lebih tertantang untuk melakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Dan juga kamu lebih berani untuk keluar dari zona nyaman kamu. Hal ini berbeda pada saat kamu melakukan traveling dengan teman-teman. Kamu pun tak perlu repot berkompromi dengan teman atau takut merepotkan orang lain.

2. Belajar lebih banyak budaya asing yang dijumpai

Saat pergi sendirian, tentunya kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri. Pergi ke daerah bahkan negara baru, kadang membuatmu harus menggunakan bahasa yang sebetulnya tak kamu kuasai. Namun, kamu hanya punya dirimu sendiri, sehingga mau tak mau, upaya yang kamu kerahkan untuk mempelajari bahasa maupun budaya di lokasi destinasimu lebih besar. Solo travelling juga membuatmu lebih terfokus pada tempat liburan dan kondisi sekitar.

3. Belajar bagaimana menghadapi situasi tak terduga

Traveling tidak selalu berjalan mulus seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Terkadang malah lebih banyak kondisi yang tidak direncanakan saat melakukan traveling. Saat traveling sendirian dan bertemu dengan hal yang tak terduga, ini bukanlah petaka bagi perjalananmu. Kamu jadi dapat belajar 'berimprovisasi' dalam hidup. Misalnya, saat jadwal penerbanganmu harus berubah, kamu jadi 'memutar' otak sendiri untuk mencari kegiatan apa yang membuatmu tak merasa bosan.

4. Belajar untuk lebih mandiri dan menghargai kesendirian

Sifat kemandirian tentu sangat dibutuhkan saat traveling sendirian. Semakin sering kamu traveling sendirian, kemandirian kamu akan semakin terasah. Berbeda dengan traveling dengan orang lain, kamu akan cenderung 'menggantungkan' perjalanan kamu pada teman kamu, apalagi jika teman traveling berusia jauh lebih tua. Selain itu, dengan kamu traveling sendirian, kamu akan lebih menghargai pentingnya waktu kesendirian kamu. Menyadari bahwa ternyata kesendirian ada manfaatnya dan kamu membutuhkannya.

5.Menyadari kalau nilai dari pengalaman yang didapat tidak bisa dihitung dengan uang yang dikeluarkan

Bukan dari berapa banyak barang yang kamu beli di tempat destinasi liburanmu. Saat kamu kehilangan arah ke tempat yang kamu tuju, dan mendapat bantuan dari warga sekitar, kamu akan menyadari, hal-hal yang indah tak bisa diukur dari nominal uang semata.

(Trivia.id)

 

 

 
Keywords : traveling,traveling sendiri,solo traveling