Bagi penggemar durian, mampir ke Kabupaten Banjanegara bisa jadi pilihan. Anda mengikuti acara Festival Durian Ndirun 2017 pada tanggal 25-26 Maret di Dusun Ndirun Desa Singamerta. Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

Kepala bagian Pemasaran Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Widhy Anggoro Asih mengatakan acara Festival Durian Ndirun ini rutin diselenggarakan. Ia mengatakan Festival Durian Ndirun 2017 merupakan acara kali ketiga sejak pertama kali hadir tahun 2015.

"Awalnya keinginan masyarakat dalam membuat festival durian ini untuk mengangkat potensi durian lokal. Dusun Birun di Desa Singomerto itu memang sentra durian dan banyak kebun durian," kata Widhy, Rabu (4/1/2017).

Kegiatan yang dapat diikuti para wisatawan dalam Festival Durian Ndirun 2017 yaitu mengambil paket tur durian. Windhy mengatakan wisatawan akan diajak dan diajarkan untuk mengenal buah durian, cara memetik durian, cara memilih durian dan cara membedakan jenis durian.

"Tahun lalu ada ratusan durian gratis dibagikan. Nanti (Festival Ndirun 2017) ada lelang dan tahun ini dibagikan durian gratis. Ada pun acara seni tradisional," katanya.

Wisatawan nantinya dapat menyantap durian lokal dari yang dipanen dari kebun-kebun durian di Kecamatan Sigaluh. Harga durian yang ditawarkan pada festival tersebut mulai dari Rp 25.000 per buah.

"Durian lokal Banjarnegara ada durian montong. Kemudian, kemarin (festival tahun 2016) ada varietas baru juga. Mereka menyilangkan durian satu dengan durian lain," ujar Widhy.

Ia mengatakan jika durian dari Banjarnegara terdapat banyak varietas. Karakteristik durian dari Banjarnegara, menurut Widhy, memiliki rasa yang beragam dari paduan manis, asam dan pahit.

"Kalau dagingnya tidak tebal. Durian montongnya itu khas Banjarnegara," jelasnya.

Desa Singomerto berjarak sekitar 71 kilometer dari Stasiun Purwokerto. Wisatawan dapat menggunakan transportasi ke arah Banjarnegara atau Wonosobo.

 
Keywords : festival durian,festival durian 2017,banjarnegara,tiket murah,davestiket,teket lion air murah