Beragam tapi satu, itulah Bhinneka Tunggal Ika, itulah Indonesia. Begitu banyak budaya yang tersebar di setiap pulau. Salah satunya di Kalimantan Tengah.

Beda daerah beda pula budayanya, termasuk juga dari pakaian adatnya. Jika berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan travveler bisa melihat karnaval pakaian adat khas Kalimantan Tengah saat Karnaval Pakaian Adat.

Dari informasi yang didapat dari salah satu sumber Kalimantan Tengah ini sebagian besar masyarakatnya bersuku Dayak Ngaju. Suku Dayak Ngaju merupakan sebutan bagi penduduk Dayak yang mendiami wilayah Kalimantan Tengah. 

Seperti Suku Dayak lainnya, Suku Dayak Ngaju ini juga mempunyai busana tradisional yang dianggap sebagai simbol peradaban masyarakat tentunya di daerah tersebut. Keren!

Adapun pakaian untuk kaum pria yang dikenakan adalah sejenis rompi, kain penutup bagian bawah sebatas lutut, ikat kepala berhiaskan bulu-bulu enggang, kalung manik-manik, ikat pinggang, dan tameng kayu serta mandau dibagian pinggang.

Sementara kelengkapan pakaian yang dikenakan oleh kaum wanita yaitu berupa baju rompi, kain (rok pendek), ikat atau penutup kepala yang dihiasi bulu-bulu enggang, kalung manik-manik, ikat pinggang serta gelang tangan.

Untuk bahan-bahan yang digunakan pada busana tersebut diantaranya kulit kayu siren atau kayu nyamu dengan dibubuhi warna dan corak hias yang diilhami oleh keyakinan dan mitologi yang berkembang di masyarakat untuk mempercantik busana mereka.

Selain dari kulit kayu suku Dayak Ngaju juga membuat busana dari serat alam yang disebut dengan busana adat kain tenun halus. (Zulfan Ariansyah, DetikTravel)

 
Keywords : pakaian adat dayak,suku dayak,aneka ragam budaya,indonesia