Bagi orang yang ingin membawa bayi naik pesawat terbang untuk pertama kalinya pastinya akan sempat dilanda kecemasan, tidak terkecuali anda bukan? Supaya semua berjalan dengan lancar dan si kecil tetap nyaman ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan lakukan seperti:

1. Harga tiket pesawat bagi bayi

Biasanya, termasuk bayi jika saat membawa bayi naik pesawat terbang usianya kurang dari 2 tahun (24 bulan). Mayoritas maskapai mewajibkan bayi duduk di pangkuan orang dewasa, batasannya 1 penumpang dewasa hanya dapat membawa 1 orang bayi.

Meski tidak mempunyai tempat duduk pribadi, namun ia tetap memerlukan tiket, paspor jika terbang ke luar negeri dan bukti usia misalnya akta lahir. Untuk harga tiket pesawat bayi ada maskapai yang menentukan sekian persen dari tarif dewasa, ada yang gratis dan dikenakan serupa tarif dewasa jika bayu mempunyai tempat duduk sendiri.

 

2. Berapa usia bayi yang aman menaiki pesawat

Setiap maskapai memiliki ketetapan yang berbeda, ada yang minimal 14 hari bahkan ada yang 2 hari. Umumnya maskapai bakal meminta surat keterangan medis yang menyatakan bayi telah sehat untuk terbang dari pihak dokter.

Membawa bayi naik pesawat terbang memiliki risiko lebih besar jika usianya kurang dari 2 minggu. Hal ini karena daya tahan bayi masih begitu lemah dan membuatnya rentan terkena penyakit misalnya: flu atau batuk dari orang sekitarnya di ruang kabin pesawat nantinya.

Minimal bayi telah berusia 3 bulan yang paling aman saat ingin membawa bayi naik pesawat terbang. Karena daya tahannya lebih kuat terhadap penyakit maupun perubahan suhu udara.

 

3. Perlengkapan yang dibutuhkan selama terbang

Antisipasi juga jika terjadi delay, saat membawa bayi naik pesawat terbang dalam tas kabin anda pastikan ada barang-barang ini:

a. Tas kantung kecil yang berisi tissue basah dan popok sekali pakai untuk mengganti popok
b. Baju cadangan anda dan bayi sebagai antisipasi hal seperti: muntah, ketumpahan sesuatu, dll
c. Makanan bayi dan susu
d. Air panas di botol untuk menyeduh makanan bayi
e. Perlengkapan menyusui
f. Selimut dan mainan bayi

 

4. Supaya bayi tenang selama penerbangan
Supaya bayi tetap tenang dari lepas landas hingga mendarat anda bisa menyusuinya, pasang perlengkapan bayi jika suhu kabin dingin, ajak bayi berkeliling saat ia rewel dan resah, berikan mainan atau ajak ngobrol bayi agar tidak bosan dan rewel.

Tips membawa bayi naik pesawat terbang diatas bisa anda manfaatkan dan jangan ragu meminta bantuan kru kabin jika perlu pertolongan.

 
Keywords : tips naik pesawat pertama kali,tips naik pesawat untuk bayi,tips naik pesawat jarak jauh,tips naik pesawat saat flu,tips naik pesawat bersama bayi,tips naik pesawat dengan bayi