Tradisi yang sangat kental di Indonesia pada saat menjelang ramadhan dan ingin lebaran adalah mudik. Berkumpul bersama keluarga besar pada hari raya pasti menjadi hal yang sangat membahagiakan dan ingin dirasakan oleh semua umat Islam.

Tetapi yang diketahui untuk menyiapkan mudik tersebut memerlukan persiapan serta biaya yang tak minim. Maka dari itu, diperlukan beberapa tips dalam mengatur keuangan ketika mudik. Lalu apa saja tips untuk mengatur keuangan saat mudik ?

Sisihkan gaji serta THR

Jangan menunda sampai menjelang mudik, ketika mendapatkan THR serta bonus dari perusahaan, secepatnya sisihkan sebagian untuk pemenuhan kebutuhan mudik. Tetapi apabila bisa menggunakan THR cuma pada biaya mudik, pasti keuangan akan lebih seimbang.

Gunakan aplikasi pembantu

Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi pembantu pemenuhan sehari-hari seperti DavestPay. Pasalnya dengan memanfaatkan aplikasi DavestPay maka kebutuhan seperti pembayaran listrik, cicilan, air, serta pembelian pulsa bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun walau sedang mudik. Aplikasi ini pun membuat penggunanya tak perlu mengeluarkan kocek yang besar banyak free biaya-biaya. Menjadi agen DavestPay adalah keputusan terbaik jika ingin bepergian ke luar kota sebab memudahkan. DavestPay bisa diakses melalui aplikasi serta website di davestpay.com.

Rekap setiap pengeluaran

Sebelum mudik, lebih baik untuk melakukan pencatatan mengenai pengeluaran yang akan dilakukan. Hal ini memudahkan pengelolaan keuangan selama mudik. Rekapan catatan ini akan sangat berguna agar keuangan tetap aman dari biaya lainnya. Catat kebutuhan dari setiap pos pengeluaran seperti untuk biaya transportasi, biaya rekreasi, biaya angpao, biaya oleh-oleh, hingga biaya tak terduga. Dengan demikian pengeluaran pun akan lebih tertata dengan baik dan meminimalisir biaya barang konsumtif.

Bawa uang tunai secukupnya saja

Ketika mudik. Bawalah uang tunai secukupnya. Sebab kelebihan membawa uang tunai akan membuat diri tergoda untuk berbelanja hal yang tak dibutuhkan. Usahakan uang tunai yang dibawa sesuai dengan keperluan yang sudah dihitung sebelum berangkat mudik. Tapi tetaplah bawa kartu ATM, atau kartu kredi untuk jaga-jaga terdapat keperluan darurat.

 
Keywords : davestpay,mudik,tipsmudik,liburanmudik,ramadhan,tiketpesawat,liburanterbaik,refreshing,tiketkeretapi,mudikpuasa