Kota Surakarto atau yang biasa disebut ‘Solo’, sangat populer dengan bermacam potensi wisata dari kuliner sampai budayanya. Bermacam kuliner Solo telah terkenal sangat nikmat. Bukan hanya itu, Solo juga kaya dengan wisata budaya baik berupa warisan budaya ataupun atraksinya.

Walaupun luas pada wilayahnya tak terlalu besar, namun Solo pernah menjadi tuan rumah pada bermacam event internasional pada tahun 2008 sampai 2012. Berikut ini merupakan 3 rekomendasi tempat wisata yang merupakan symbol dari beragam wisata di Solo.

Masjid Dalem Kalitan

Masjid Dalem Kalitan berada di kawasan Dalem Kalitan yang sudah ada pada tahun 1996. Masjid uni berlokasi di seberang kediaman Ibu Tien Soeharto. Bukan hanya tempat ibadah, masjid ini seringkali dimanfaatkan sebagai tempat bersilaturahmi untuk warga Solo. Di komplek masjid, pengunjung juga dapat melihat beberapa peninggalan Soeharto dan Ibu Tien.

Keraton Mangkunegaran

Solo mempunyai latar belakang sejarah yang sangat unik dan menarik. Semua dapat ditengok di Istana Mangkunegaran. Di dalamnya terdapat banyak sekali peninggalan sejarah. Terdapat patung emas yang berasal dari Eropa. Ada pula pendopo dengan luas 3500 meter persegi. Sampai sekarang, di pendopo masih kerap kali diadakan acara kebudayaan misalnya pertunjukan tarian dan gamelan. Dari tari-tarian, wisatawan dapat melihat kisah dari kerajaan awal Indonesia sampai terciptanya kemerdekaan.

Studio Rekaman Lokananta

Untuk yang suka dengan musik, maka tempat ini harus disambangi. Lokananta adalah sebuah studio rekaman pertama di Indonesia. Bermacam rekaman bersejarah masih tersimpan dan terawat dengan baik, misalnya piringan hitam yang berisikan rekaman pembacaan teks Proklamasi. Bukan hanya itu, terdapat banyak rekaman lagu nasional serta lagu daerah masih dapat tersimpan sangat baik disana. Studio rekaman ini mempunyai kualitas yang tak kalah bagusnya dengan studio yang ada di Inggris.

 
Keywords : wisata solo,tiket solo,tiket murah solo,jalan jalan solo