Philippe Leopold Louis Marie  dan Mathilde merupakan Raja dan Ratu Belgia yang sangat tertarik untuk menyimak dan melihat ratusan artefak kuno yang bersumber dari bermacam daerah di tanah air yang diperlihatkan pada Europalia Arts Festival Indonesia.

Raja dan ratu yang didampingi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tampak sangat serius dalam memperhatikan dan mendengarkan dari seorang ahli sejarah tiap artefak yang diperlihatkan Bahkan Raja dan Ratu Belgia dengan seksama melihat dengan rinci penjelasan tertulis pada bagian masing-masing artefak.

Adapun beberapa artefak yang diperlihatkan yakni artefak yang terbuat dari perunggu, kayu, perak, emas, dan batu. Artefak ini berasal dari setiap sudut Indonesia seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan, Sumatera Utara, Jawa, NTB, NTT, dan Papua.

Kementerian Pariwisata menjadikan acara ini sebagai ajang dalam mempromosikan objek wisata yang ada di Indonesia, sebab wisatawan dari Eropa selama ini dinilai cukup potensial. Diketahui bahwa wisatawan dari Eropa selama ini tercatat sebagai traveler dengan jumlah paling besar kedua setelah China yang datang ke Indonesia.

Banyak pihak dari masyarakat Eropa yang menganggap Indonesia merupakan negara multi-etnik dengan keragaman suku dan budaya yang sudah waktunya memperoleh perhatian lebih dari masyarakat Eropa yang makin majemuk.

 
Keywords : artefak Indonesia belgia,raja belgia,ratu belgia,jalan jalan belgia