Media sosial baru-baru ini sempat digemparkan dengan kasus sepasang penumpang yang terpaksa diturunkan dari pesawat pada maskapai penerbangan Citilink Bandara Kualanamu, Medan Sumut. Sepasang penumpang ini bernama Nursyda Sihombing dan Rimon Sianipasr yang bertengkar dengan para pramugari berkaitan barang bawaan mereka yang melebih batas dari ketentuan penerbangan. Tak terima  dengan teguran itu, penumpang langsung mendorong pramugari itu.

Pramugari penerbangan Citilink tersebut langsung melaporkan pada kapten pilot yang kemudian mengambil tindakan berdasarkan prosedur operasi standar atau SOP yaitu dengan menurunkan penumpang itu. Hal ini dilakukan supaya penerbangan bisa secepatnya dilanjutkan karena para penumpang yang lainnya meminta untuk segera terbang.

Jadi beberapa hal mengenai sopan santun dan kedisiplinan memang wajib diterapkan dimana saja termasuk ketika memakai transportasi publik. Berikut ini beberapa hal yang dianggap sepele justru bisa membuat  siapapun dikeluarkan dari pesawat.

Bau badan

Bau badan kenyataanya juga dapat membuat penumpang diusir dari pesawat. Contohnya beberapa maskapai penerbangan seperti Delta Airlines dan American Airlines sangat memperhatikan hal ini. Bau yang tak sedap akan membuat penumpang lain terganggu ketika berada dalam pesawat. Trik untuk mengadapi hal ini yaitu dengan mandi dan pakai parfum secukupnya sebelum bepergian. Jangan lupa untuk memakai kaus kaki dan pakaian yang kebersihannya terjamin.

Mabuk di pesawat

Orang yang mabuk tidak akan menyadari tindakan yang dilakukan dan bisa saja menganggu kenyamanan dari penumpang lain. Orang yang dalam keadaan tak sepenuhnya sadar dapat membuat onar dan keributan sebelum pesawat lepas landas. Maka dari itu, awak kabin dengan tegas bakal langsung mengusir penumpang yang ketahuan mabuk di pesawat.

Terlalu  gemuk atau terlalu tinggi

Beberapa maskapai penerbangan memiliki aturan yaitu larangan pada penumpang yang tak duduk di kursi ataupun memasang sabuk pengamannya dengan sempurna. Maka dari itu, orang yang mempunyai tubuh terlalu tinggi ataupun terlalu gemuk memungkinkan diusir dari pesawat. Walaupun terkesan diskriminatif, peratutan ini dibuat demi menghindari resiko keamanan diri penumpang.

Bayi yang rewel

Jika melakukan rencana penerbangan dengan bayi, sebaiknya harus persiapkan beberapa hal penting supaya bayi tak rewel ataupun menangis terus-terusan selama perjalanan. Pasti ada penumpang yang akan maklum dengan keadaan ini, namun ada pula orang yang merasa tak nyaman dengan hal itu.

 
Keywords : naik pesawat,tips naik pesawat,traveling,jalan jalan,jalan jalan murah,naik pesawat pertama kali