PT Perusahan Listrik Negara (Persero) memperlihatkan keprofesionalan dalam membantu negeri dengan menambahkan satu unit genset yang memiliki kapasitas 1.000 kilo Watt (kW) atau setara dengan 1 Megawatt ke Pulau Tomia, Wakatobi Sulawesi Tenggara. Genset ini akan berguna dalam pengoptimalan  pasokan listrik yang ada di kawasan wisata jadi semakin menarik minat untuk dikunjungi.

Bob Saril sebagai General Manager PLN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat menuturkan bahwa pastinya  membutuhkan kesabaran sebab akan memakan beberapa waktu sebelum genset bisa digunakan atau dioperasikan dengan komersial, karena perlu dilakukan tindakan instalasi kubikel, panel, serta trafo.

Sekarang ini, daya yang hanya bisa dipasok lima mesin genset PLTD Waha Tomia mencapai besaran 1.000 kW saja. Dengan jumlah pelanggan mencapai angka 3.188, Tomia mempunyai beban puncak hingga 750 kW. Walaupun surplus daya 250 kW, sayangnya, selama ini masyarakat masih belum bisa menikmati manfaat listrik PLN selama 24 jam seharinya. Ini disebabkan karena 50% jenis mesin yang terpasang saat ini adalah mesin kecil dengan pendingin udara, jadi tak akan memungkinkan beroperasi selama 24 jam tanpa berhenti (nonstop).

Dari 19 desa beserta kelurahan yang ada di Pulau Tomia, delapan desa kenyataannya masih belum menikmati listrik PLN. Tetapi dengan hadirnya genset ini akan sangat membantu masyarakat sekitar. Pasalnya kegiatan masyarakat setempat terbilang sangat membutuhkan listrik. Misalnya saja untuk penginapan, mengawetkan ikan nelayan, dan termasuk kantor dan juga sekolah yang tentunya sangat membutuhkan.

Genset yang baru ini juga akan dipakai dalam memasok listrik di seluruh desa yang telah dipasang jaringan listrik PLN. Sekarang ini, akan ada 5 desa yang baru bakal menikmati listrik PLN yakni Desa Dete, Patua, Lamanggau, Kahiayanga, dan Kulati.

 
Keywords : wakatobi,wisata wakatobi,jalan jalan wakatobi,tiekt murah wakatobi