Cara naik pesawat untuk pertama kalinya sangatlah mudah. Memang masih sangat lumrah apabila merasa bingung utamanya untuk yang belum pernah mengurus keberangkat sendiri. Lebih baik memperhatikan beberapa langkah cara naik pesawat berdasarkan prosedur, sebab memang terdapat beberapa tips yang dibutuhkan sebelum berada dalam pesawat.

Berikut ini beberapa langkah cara naik pesawat dengan benar dan sesuai prosedur antara lain:

Lakukan Check-in dan Cek Lagi Barang Bawaan

Beberapa maskapai dapat melakukan check-in online melalu internet, namun supaya lebih pasti tanyakan lagi pada counter check in. Atau bila memang membawa bagasi, tetaplah harus melakukan check in bagasi. Jangan lupa untuk menyerahkan tiket sesuai dengan tanggal keberangkatan, kartu identitas, serta buku penting (paspor)  jika melakukan penerbangan luar negeri.

Pastikan tak membawa barang yang dilarang dalam pesawat, dan pastikan berat bagasi tak melebihi ketentuan yang berlaku. Setiap maskapai mempunyai peraturan yang tak sama mengenai berat bagasi. Kelebihan biasanya bakal dikenakan charge. Berat maksimum bawaan kabin merupakan tujuh kg. Tas yang dibawa punya ukuran ketetapan yakni sekitar 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Alat musik apapun bisa dibawa namun harus dikemas dengan baik dan dapat masuk ke kompartemen bagasi. Semua jenis benda tajam, balon, mudah meledak, dan sebagian jenis bola tiup dilarang masuk ke kabin. Seluruh cairan misalnya Aerosol, Liquid, dan Gel juga tak bisa masuk dalam pesawat.

Terdapat beberapa jenis LAG yang boleh dengan syarat container tak melebihi 100 ml ataupun semua cairan ditempatkan di plastik transparan yang tak boleh melebihi satu liter. Ini berguna sebagai antisipasi demi teroris yang membuat bom dengan cairan.

Seusai proses check-in selesai, maka petugas check-in bakal memberikan boarding pass dan potongan baggage clain tag. Jadi pergilah ke bagian counter airpotax demi membayar tax bandara. Tetapi beberapa maskapai sekarang ini terdapat yang telah menyertakan pajak bandara ketika pembelian tiket. Namun jika melakukan keberangkatan luar negeri, maka harus melalui bagian pemeriksaan imigrasi terlebih dahulu.

Masuk ke Ruang Tunggu Sebelum Boarding

Perhatikan boarding pass yang diperoleh ketika check ini. Pada Boarding pass kalian bakal ada petunjuk ruang dan gate dimana wajib untuk menunggu pesawat dan boarding. Boarding time dan jam terbang pesawat juga menjadi dua hal yang sangat penting dan wajib di perhatikan. Cara naik pesawat sebenarnya sangatlah mudah apabila telah mengetahui terminal keberangkatan dan boarding gate. Maka dari itu, usahakan untuk bisa minimal dua jam sebelum jadwal dari keberangkatan. Umumnya sekarang ada jadwal check-in antara 15 menit hingga dengan 30 menit sebelum boarding.

Ketika waktu naik pesawat tiba, seluruh penumpang bakal dipanggil dan bersiap mengantre naik ke pesawat. Penumpang kelas bisnis dan penumpang prioritas misalnya penumpang prioritas dan bisnis, orang sakit, manula, ibu hamil atau yang membawa anak-anak seringkali dipersilahkan masuk ke dalam pesawat lebih dahulu.

Cara Naik Pesawat, Ikuti Aturannya.

Biasakanlah untuk langsung menggunakan sabuk pengaman dan secepatnya matikan handphone, kecuali pesawat yang tengah mengisi bahan bakar, janganlah pasang sabuk pengaman lebih dahulu. Pilih posisi duduk yang nyaman dan tenang dalam pesawat serta simak petunjuk keselamatan penerbangan yang bakal diperagakan awak kabin sebelum berangkat.

Ketika mendarat, tetaplah duduk hingga tanda mengenakan sabun pengaman dimatikan. Jangan terburu-buru, barulah bisa berdiri demi mengambil tas di kabin. Tak usah tergesa-gesa untuk turun, biarkan orang didepan jalan lebih dahulu.

 
Keywords : naik pesawat,tips naik pesawat,traveling,jalan jalan,jalan jalan murah,naik pesawat pertama kali