Apa yang dipikirkan ketika membayangkan kota Samarinda? Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini memang tergolong kota yang berkembang pesat. Walaupun biaya hidup cukup mahal, namun dapat tetap menekan dana liburan dengan menyambangi tempat wisata keluarga yang menarik dan murah di Samarinda.

Pulau Kumala

Pulau Kumala terletak di jantung Sungai Mahakam. Walaupun telah memasuki Kabupaten Tenggarong namun pulau ini bisa dicapai dengan satu jam perjalanan dari Kota Samarinda. Karcis wisatapun hanya merogoh kocek Rp 7 ribu saja per orangnya.

Bermacam fasilitas wisata keluarga ada ditempat ini. Dengan menaiki kereta gantung setinggi 75 m mengitari pulau akan lebih menyenangkan. Anak-anak bisa bermain bombomcar, gokart, kereta api mini, dan komidi putar. Pengunjung juga bisa mengelilingi pulau ini dengan menyewa sepeda yang sudah disediakan.

Mempelajari Suku Dayak di Desa Pampang

Apabila mau mengenal lebih dalam budaya Kalimantan Timur, maka haruslah mengunjungi Desa Budaya Pampang yang berada di Sungai Siring Samarinda. Suku Dayak yang dulunya hidup nomaden sekarang menetap pada kawasan itu dan hidup bermasyarakat.

Terdapat pertunjukan yang sangat menarik dan  rutin dilakukan setiap hari Sabtu serta Minggu. Selain itu, wisatawan bisa membeli hasil kerajinan tangan khas dayak dan melihat Rumah panggung yang unik.

Tepi Sungai Mahakam

Pengunjung sekeluarga bisa melihat Samarinda dari Sungai Mahakam dengan ikut pada tur kapal wisata. Kapal wisata ini akan mengelilingi Sungai Mahakam dengan durasi 2 jam setiap Sabtu dan Minggu. Wisatawan bisa naik dari Pelabuhan Pasar Pagi dengan hanya membayar tiket perahu sebesar Rp 10.000.

 
Keywords : samarinda,wisata samarinda,jalan jalan samarinda,tiket murah