Ketika melakukan perjalanan dengan pesawat, beberapa hal bisa terjadi dengan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tak dirancang seperti burung yang dapat terbang tinggi ke angkasa. Berikut ini 4 hal yang akan terjadi pada tubuh saat melakukan perjalanan penerbangan.

Tubuh Alami Dehidrasi

Pendingin ruangan alias AC dalam kabin tak hanya memompa udara dari luar, pesawat juga akan menarik udara masuk dari mesin. Beberapa diantaranya akan dipompa kembali masuk ke kabin. Molekul air bakal membuat udara pada ketinggian mongering. Hal ini membuat AC kabin mempunyai kelembapan yang sangat rendah. Hal ini akan menjadi penyebab tubuh alami dehidrasi.

Dehidrasi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan dan flu. Maka dari itu, lebih baik perbanyak meminum air putih selama perjalanan dalam kabin pesawat.

Darah mengumpul di kaki

Selalu mengenakan sepatu selama perjalanan akan menimbulkan rasa sakit. Pasalnya ketika sedang berada dalam penerbangan, kaki akan membengkak yang diakibatkan oleh darah yang secara perlahan mengumpul dikaki.

Ruang kaki yang sempit bisa memperparah hal ini. Sebagai cara mengatasinya, bisa dengan mengenakan celanan yang longgar dan berdiri sewaktu-waktu selama penerbangan. Sirkulasi darah adalah hal yang utama. Jika yang sudah berumur, bila dibiarkan hal ini dapat mengakibatkan penggumpalan darah dan thrombosis vena.

Perut mudah kembung

Gas yang ada dalam tubuh manusia akan meluas ketika tekanan luar berhenti. Hal ini akan membuat perut mudah mengalami kembung ketika berada dalam perjalanan penerbangan.

Rentan terkena infeksi bakteri dan E. Coli

Sebuah studi pada tahun 2014 silam, berhasil menemukan bahwa E.Coli dan MRSA bisa bertahan lama dalam pesawat terbang. MRSA bisa bertahan sampai 168 jam pada tempat duduk yang terbuka sedangkan E. Coli bertahan sampai 96 jam pada sandaran tangan.

Bila satu orang saja dengan MRSA menyentuh sandaran tangan maka siapa saja yang duduk di kursi tersebut akan tertular. Bukan hanya ditempat terbuka, air yang akan diminum pada pesawat terbang bisa terkontaminasi bakteri jahat. Di tahun 2015 lalu, sebuah kelompok penelitian menemukan bahwa air maskapai memiliki fungsi sebagai inkubator untuk 37 spesies bakteri.

 
Keywords : naik pesawat,tips naik pesawat,traveling,jalan jalan,jalan jalan murah,naik pesawat pertama kali