Kabar gembira datang dari Kota Yogyakarta. Ribuan wisatawan asing tampak memenuhi kota yang dijuluki kota pelajar ini. Ternyata hal ini dikarenakan acara MICE atau Meeting, Incentive, Conferention, and Exhibition diselenggarakan di Yogyakarta. Maka dari itu hotel di kota ini pun kebanjiran pesanan.

Istidjab M Danunagroho selaku Ketua DPD PHRI DIY menuturkan bahwa event MICE International di Yogyakarta memberikan banyak rejeki. Tingkat hunian hotel mencapai angka 99%. Semua hotel bintang dan non bintang di Yogyakarta full dan tak dapat lagi menerima tamu.

Tamu internasional yang datang di Yogyakarta tercatat sebanyak 3.539 orang. Kedatangan wisatawan asing ini dikarenakan oleh terleselenggaranya dua acara MICE yaitu 11th International Congress of Tropical Pediatrics dan Asian Youth Day yang diadakan pada 2-6 Agustus kemarin.

Saat ini Yogyakarta telah mempunyai fasilitas penunjang MICE yang sangat mumpuni. Bukan hanya itu, Kota Yogyakarta didukung oleh destinasi wisata yang mendunia yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Keduanya sudah dikunjungi oleh tokoh dunia misalnya Barack Obama.

Para tamu pun diajak untuk berwisata mengunjungi tempat wisata yang ada di Yogyakarta sampai mencicipi kuliner khas dan berbelanja. Rajesh Mehta selaku Regional Adviser WHO Regional Office for South-East Asia mengungkapkan bahwa dirinya sangat terkesan dengan kota Yogyakarta.

Esthy Reko Astuti sebagai Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar menuturkan bahwa hadirnya dua acara MICE ini membuktikan bahwa Yogyakarta sukses dalam menggaet wisatawan asing.

Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata juga sependapat dengan Esthy. Lonjakan wisatawan asing dan nusantara dianggap miliki direct value, media value yang tinggi, dan repeater value.

 
Keywords : yogyakarta,wisata jogja,candi prambanan,turis di candi borobudur,candi borobudur,jalan jalan,tiket murah,tiket online