Bondowoso mempunyai museum kereta api dan rencana akan diresmikan tepat di peringatan Kemerdekaan Indonesia Rabu 17 Agustus 2016. Amin Said Husni sebagai Bupati Bondowoso mengungkapkan jika museum kereta api ini merupakan pertama ada di Jawa Timur.

Bupatipun mengatakan gagasan sebagai pendirian museum tersebut sebenarnya telah muncul sekitar tiga tahun yang lalu. Berawal keprihatinan ketika mengetahui jika bangunan gedung stasiun menganggur, padahal terdapat sejarah yang panjang bangunan tersebut. Untuk itulah kemudian dibangun sebuah museum kereta api guna mengingat tentang beragam sejarah sembari menikmati arsitektur lokal yang begitu khas dan nampak cantik. Tak hanya itu, Amin juga mengungkapkan jika kondisi bangunan yang masih bagus juga turut mendukung tempat ini untuk dijadikan sebagai museum.

Stasiun Kereta Api Bondowoso salah satu memiliki nilai history kepahlawanan yaitu kejadian gerbong maut. Stasiun tersebut sampai kini masih tetap terawat baik sekalipun sekitar ini tidak memiliki fungsi sebagai stasiun. Sampai sekarang di Jawa Timur belum terdapat museum kereta api dan karena itulah Amin mengajak PT Kereta Api Indonesia memfungsikan Stasiun Kereta Api Bondowoso menjadi sebuah museum.

Amin menjelaskan sejarah dan model bangunan museum kereta api Bondowoso serta koleksi yang diyakini akan menjadi penarik simpatik untuk pengunjung. Menurutnya akan dihadirkan lokomotif lawas dijadikan koleksi museum dan gerbong maut asli. Selain untuk dijadikan sebagai tempat wisata, museum nanti akan dijadikan sebagai objek wisata pendidikan.

Berhubung dengan adanya museum nanti, Pemerintah Bondowoso tersebut melakukan penandatangan nota kesepahaman/MOU bersama Daerah Operasional IX PT KAI. Ditanda datangi yang dilaksanakan Rabu 17 Agustus ‘16 mengenai kerja sama pemanfaatan serta pengelolaan Stasiun Kereta Api Bondowoso untuk museum kereta api serta pengoperasian kereta api wisata.

"Karena terdapat rencana agar membuka jalur di kereta wisata Bondowoso-Tamanan. Jalur keretanya telah ada namun selama ini mubazir," Penjelasan Amin.

Di Tamanan banyak potensi, misalnya sentra batik serta desa wisata. Yang asetnya milik PT Kereta Api Indonesia namun lokasinya di sekitar Bondowoso. "Sejarahnya merupakan suatu bagian dari history Bondowoso," Kata Amin ihwal pada saat pembagian peran antara Pemkab Bondowoso dan PT Kereta Api Indonesia.

 
Keywords : museum kereta api,museum kereta api bondowoso,Stasiun Kereta Api Bondowoso