Pada bulan Desember 2019 ini, terdapat banyak acara festival budaya Nusantara yang dapat dikunjungi. Bukan hanya menghibur, namun festival budaya tersebut mampu memperluas ilmu tentang betapa banyaknya budaya di Indonesia.

Salah satu festival budaya yang wajib disambangi untuk mengisi liburan kali ini, yaitu Festival Iraw Tengkayu di Kota Tarakan. Acara tersebut akan diselenggarakan pada 21-22 Desember 2019. Dalam dua hari ini, akan memperlihatkan tentang festival budaya dengan puncaknya yaitu Padaw Tuju Dulung ke laut. Festival tersebut terselenggarakan bertepatan dengan hari jadi Kota Tarakan yang ke-22.

Festival ini merupakan pesta adat Iraw Tengkayu yang merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghayutkan sesajian ke laut dan diisi dengan bermacam perlombaan. Kegiatan ini digelar selama dua tahun sekali bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tarakan. Event ini menjadi perpaduan budaya dan antraksi yang menarik dengan puncak acara sebagai simbol rasa syukur.

Sebagai festival budaya yang dilestarikan, Iraw Tengkayu sendiri mempunyai dua arti yakni Iraw sebagai perayaan sedangkan Tengkayu merupakan pulau kecil di tengah laut adalah pulau Tarakan. Upacara yang dilakukan masyarakat adat Tidung telah berlangsung turun temurun. Pastinya inti dari kegiatan ini diisi dengan ritual Parade Padaw Tuju Dulung alias perahu tujuh haluan dengan melepaskan perahu yang sudah diisi makanan atau pakan ke laut.

Warna-warni dari busana saat festival membuat para turis akan terkagum-kagum. Pastinya festival ini pun akan jadi incaran fotografer untuk mengabadikan momen festival budaya. Tiap warna memiliki arti, perahu yang bercorak tiga warna yaitu kuning, hijauh, dan merah. Warna kuning ditempatkan paling atas sebab melambangkan kehormatan atau sesuatu yang diagungkan. 

Bagi yang penasaran dengan festival ini, bisa langsung berkunjung ke sana. Jika tinggal di luar kota maka bisa menggunakan pesawat dengan maskapai yang tersedia, memesan tiket bisa langsung melalui DavestPay. DavestPay memberikan bermacam layanan traveling terlengkap, termasuk tiket pesawat, tiket kereta api, dan bermacam lainnya. Sehingga para pengguna DavestPay bisa langsung melakukan pemesanan tiket kemanapun tanpa repot.

Lalu jika ingin ke festival Iraw Tengkayu, sebaiknya pilih tanggal sebelum festival dimulai misalnya satu hari sebelumnya. Dari bandara International Juwata, hanya diperlukan 30 menit untuk sampai ke Kota Tarakan. Adapula jalur laut, bisa dengan naik kapal pada pelabuhan utama Tarakan yaitu Pelabukan Malundung, Pelabuhan Juwati Laut, Pelabuhan Tengkayu I, dan Pelabuhan Tengkayu II.

 
Keywords : davestpay,liburdesember,nontonfestival,IrawTengkayu,KotaTarakan,liburan,travel,tipsdantrik,liburanmaksimal,liburanseru,pakaidavestpay,aplikasiterbaik