Tidak bisa dipungkiri jika bandara merupakan salah satu tempat umum yang paling sibuk dan banyak dikunjungi orang, terutama menjelang musim liburan seperti saat ini. Karena bandara merupakan tempat umum, tentu para pengunjungnya harus memiliki etika saat berada di sana. Namun sayangnya, belum banyak orang yang mampu beretika baik saat di bandara. Kebanyakan orang lebih mementingkan kenyamanan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Oleh karena itu, berikut ini beberapa etika yang harus dipahami demi kenyamanan banyak orang sewaktu di bandara.

1. Antre

Buru-buru sering menjadi alasan banyak orang untuk menyela antrean. Hal tersebut juga berlaku ketika di bandara. Orang yang buru-buru akan langsung menyela antrean tanpa permisi. Tentunya hal tersebut akan membuat banyak orang merasa geram dan marah. Oleh karena itu, jika memang terburu-buru karena akan tertinggal pesawat, mintalah petugas bandara untuk membantu sehingga Anda bisa menjadi prioritas. Namun, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan waktu lebih agar tidak terburu-buru saat di bandara. Selain itu, agar tidak membuat antrian saat pemeriksaan barang jadi lebih panjang, alangkah baiknya jika Anda melepaskan barang Anda sesaat sebelum masuk antrean.

2. Ruang Tunggu

Banyaknya orang yang menggunakan jasa transportasi udara tentu akan membuat ruang tunggu menjadi penuh. Oleh karena itu, akan lebih etis jika barang bawaan Anda tidak diletakkan di kursi ruang tunggu. Barang bawaan yang diletakkan dikursi akan membuat kondisi ruang tunggu menjadi lebih sesak karena banyak orang yang akan berdiri ataupun duduk di lantai. Selain barang bawaan, berbaring di kursi ruang tunggu juga bukan hal yang baik. Hal tersebut membuat kursi tunggu yang seharusnya bisa digunakan oleh tiga orang hanya menjadi milik Anda sendiri. Anda diperkenankan berbaring di kursi ruang tunggu jika mengalami hal yang darurat, seperti sakit atau penundaan pesawat dalam waktu yang sangat lama.

3. Bercanda tentang Bom

Jangan sekali-kali Anda mencoba bercanda tentang bom saat di Bandara. Jika dilakukan, akan ada sanksi tegas seperti denda ataupun penjara. Selain itu, berbicara ataupun tertawa terlalu kencang akan mengganggu kenyamanan orang lain saat di bandara, apalagi pada penerbangan malam hari ataupun pagi buta.

4. Ikuti Aturan Bandara

Menghormati dan mengikuti aturan bandara penting untuk dilakukan. Jika tidak, bisa saja Anda tidak diperkenankan terbang oleh maskapai di waktu yang akan datang. Selain itu, hal yang Anda lakukan bisa berujung sanksi dan dapat dikenakan hukuman yang berlaku.

Etika saat berada di bandara penting dilakukan agar kenyamanan tidak hanya dirasakan diri sendiri, tetapi juga orang lain. PT Hensel Davest Indonesia (HDI) yang sudah bekerja sama dengan banyak maskapai penerbangan di Indonesia dalam menyediakan tiket pesawat melalui platform DavestPay pun sependapat bahwa etika ketika berada di bandara harus dilakukan. Jika etika itu diterapkan, tidak hanya kenyamanan yang akan dirasakan, tetapi akan memupuk rasa empati satu orang dengan yang lainnya.

 
Keywords : davestpay,holiday,travel,jalan jalan,musimliburan,tours,tiketpesawat,tiketkereta,liburan,fintech