Sudah banyak sekali orang yang mendirikan usaha travel agent sendiri, baik yang berbasis offline maupun OTA (Online Travel Agencies). Hal ini memang tidak terlepas dari demand masyarakat yang membutuhkan tiket pesawat tetapi dengan harga murah.

Sejak banyaknya kemunculan maskapai low cost carrier, semakin mendorong masyarakat melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Ditambah dengan menjamurnya situs reservasi tiket pesawat, yang memudahkan orang-orang untuk melakukan booking tiket.

Tetapi apakah berarti bisnis tiket pesawat sudah tidak bisa lagi dimasuki karena banyak pemain besar didalamnya?

Jawabannya: Tidak!

Malah sebenarnya masih luas dan terbuka lebar pasar yang bisa dimasuki oleh pengusaha tiket pesawat dan memiliki peluang yang besar.

Salah satu penyebabnya adalah masih banyak orang-orang yang memilih membeli tiket pesawat di konter atau travel agent konvensional. Alasannya karena mereka masih menyukai untuk mendapatkan informasi langsung sebelum membeli. Kemudian juga masih banyak orang yang ragu-ragu bertransaksi secara online.

Kondisi tersebut juga kadang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis tiket pesawat yang aktif memberikan promo menarik serta paket-paket tertentu untuk menjaring konsumen lebih banyak.

Tetapi sebenarnya berapa besar potensi bisnis tiket pesawat saat ini?

Mengacu kepada pernyataan Kementerian Pariwisata yang menargetkan pergerakan wisatawan hingga 260 juta orang, tentu merupakan peluang yang sangat besar bagi pelaku usaha tiket pesawat.

Anda yang sekarang ini sedang berencana untuk memulai bisnis travel agent tentunya tidak mau menunda lagi untuk membuka usaha. Karena dengan dukungan dari pemerintah dan maskapai, hampir dipastikan akan banyak orang yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat. Apalagi jika maskapai tersebut sering mengadakan promo seat murah.

Yang perlu diperhatikan bagi Anda yang baru ingin memulai usaha adalah mencari penyedia layanan agen tiket pesawat yang sesuai dengan budget Anda.

Perlu diketahui bahwa banyak OTA diluar sana yang membebankan biaya lisensi untuk menjadi sub-agent. Biaya ini bervariasi dari yang terendah 1 juta hingga ratusan juta rupiah.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas agen tiket dengan biaya murah, seperti DavestPay.com, yang hanya membebankan biaya registrasi sebesar Rp 350,000.

Setelah mendapatkan penyedia tiket pesawat, yang kemudian harus Anda lakukan adalah menyiapkan perangkat penunjang bisnis Anda.

Perangkat ini bisa berupa komputer lengkap dengan printer. Serta jaringan internet.

Berikut akan kami paparkan simulasi rincian biaya yang harus dikeluarkan bagi Anda yang baru memulai bisnis tiket pesawat:

Biaya Lisensi

 Rp  1,000,000

1 unit laptop

 Rp  2,000,000

1 unit printer

 Rp     500,000

Biaya internet & listrik*

 Rp     200,000

TOTAL

 Rp  3,700,000


*) pengeluaran bulanan

Dengan skema modal biaya diatas, di bulan berapa Anda bisa balik modal (Break Even Point)?

Jumlah tiket yang terjual per bulan

100

Komisi rata-rata Agen

 Rp        10,000

Total Penghasilan Bruto

 Rp  1,000,000

Biaya internet & listrik

 Rp     200,000

TOTAL PENGHASILAN NETT

 Rp     800,000

BREAK EVEN POINT

±4 Bulan

Sebagai catatan, biaya lisensi dan komisi rata-rata bervariasi antara satu dengan lainnya. Disini kami membandingkan dengan komisi yang didapat jika Anda memilih paket lisensi paling murah (Basic).

Itupun belum ditambah dengan biaya lain yang biasanya dibebankan kepada Anda untuk penggunaan fasilitas tambahan, seperti fasilitas EDC (Electronic Data Capture) atau biaya sewa USB Dongle untuk mengamankan transaksi.

Di DavestPay.com, semua sistem keamanan hingga transaksi dilakukan sepenuhnya secara online sehingga biaya lain yang perlu Anda tambahkan praktis hanyalah untuk membeli pulsa data internet atau kuota.

Sebagai perbandingan, kami akan berikan simulasi modal serta keuntungan apabila Anda menggunakan DavestPay.com:

Biaya Registrasi

 Rp     350,000

1 unit laptop

 Rp  2,000,000

1 unit printer

 Rp     500,000

Biaya Internet & listrik*

 Rp     200,000

TOTAL

 Rp  3,050,000

*) pengeluaran bulanan

Dengan skema tersebut, berapa lama hingga Anda balik modal (Break Even Point)?

Jumlah tiket yang terjual per bulan

100

Komisi rata-rata Agen*

 Rp        15,000

Total Penghasilan Bruto

 Rp  1,500,000

Biaya internet & listrik

 Rp     200,000

TOTAL PENGHASILAN NETT

 Rp  1,300,000

BREAK EVEN POINT

±2 Bulan

*) komisi paling minimal yang rata-rata diterima oleh merchant

Sebagai catatan, komisi rata-rata agen/merchant di DavestPay.com adalah sekitar Rp 15,000 – Rp 65,000. Tentunya tanpa adanya tambahan biaya registrasi.

Apakah Anda tertarik dengan profit yang lebih optimal tetapi dengan modal yang lebih kecil?

Sebelum melanjutkan, bagi Anda yang belum bergabung bersama DavestPay.com bisa mendaftar gratis dengan cara klik tautan [disini]

Perlu diketahui juga bahwa DavestPay.com memiliki aplikasi mobile yang bisa Anda unduh di smartphone Anda. Sehingga memungkinkan untuk melakukan transaksi langsung dari smartphone.

Modal yang Anda butuhkan pastinya akan lebih murah lagi apabila Anda menggunakan smartphone untuk bertransaksi. Sehingga otomatis Anda hanya perlu membayar biaya registrasi sebesar Rp 350,000.

Berikut simulasi keuntungan dan perkiraan balik modal, dengan asumsi Anda sudah memiliki smartphone sebelumnya:

Jumlah tiket yang terjual per bulan

100

Komisi rata-rata Agen

 Rp        15,000

TOTAL PENGHASILAN NETT

 Rp  1,500,000

BREAK EVEN POINT

<1 Bulan

Issued tiket di DavestPay.com bersifat elektronik, sama halnya jika Anda melakukan reservasi tiket di kebanyakan OTA. Anda bisa langsung mengirimkan cetak issued tiket kepada pelanggan Anda via email atau messenger. Tetapi jika Anda merasa perlu mencetak tiket, Anda bisa membeli printer yang terkoneksi dengan smartphone via Bluetooth. Harganya berkisar di angka 2 jutaan rupiah.

Tetapi tentunya di jaman sekarang yang semua serba online, cetak tiket sudah tidak lagi dibutuhkan. Anda hanya membutuhkan kode booking tiket untuk kemudian ditukar dengan boarding pass setibanya di bandara.

Keuntungan lainnya apabila Anda menggunakan DavestPay.com adalah Anda bisa menggunakannya untuk melayani pembayaran tagihan lain seperti token PLN, iuran BPJS, pembayaran telepon dan internet, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi. Sehingga Anda berpeluang mendapatkan keuntungan setiap bulannya hingga 8,8 juta rupiah. Menarik bukan?

Di era teknologi serba maju saat ini, berbisnis secara online adalah salah satu peluang usaha paling menguntungkan. Anda tidak perlu pesimis bahwa menjadi agen tiket online itu susah karena butuh modal besar ataupun takut kalah bersaing dengan OTA lain yang lebih besar.

Tetapi yang terpenting adalah mengetahui bahwa peluang bisnis tersebut masih sangat luas dan terbuka bagi semua orang. Apalagi jika produk yang dijual memang terbukti murah.

Setiap pembelian tiket pesawat di DavestPay.com terjamin harganya murah. Bahkan sama seperti situs penjualan tiket lain yang lebih terkenal. Meskipun demikian, dengan harga semurah itu, Anda masih bisa mendapatkan komisi yang optimal. Tentu saja apabila Anda mendaftarkan diri sebagai merchant (baca: Penjelasan Mengenai Merchant Account DavestPay.com).

Semoga info diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana memulai bisnis travel agent online.

 
Keywords : peluang bisnis travel,peluang bisnis travel online,bisnis agen tiket pesawat murah,peluang usaha agen tiket pesawat,keuntungan jual tiket pesawat