Kemenhub sedang mengkaji rencana kenaikan tarif atas bawah pesawat untuk kelas ekonomi. Hal ini dianggap dapat mencegah adanya perang harga tiket antarmaskapai. Alvin Lie sebagai pengamat penerbangan mengungkapkan bahwa peraturan ini dapat menjamin keselamatan penerbangan. Karena tanpa pembatasan harga ini, maskapai bakal melakukan efisiensi yang dikhawatirkan mengenai dengan hal teknis pesawat.

Tarif batas bawah serta atas ini dengan bertahap wajib ditanjau ulang lagi. Pasalnya hal ini berkaitan pada komponen penentuan biaya, misalnya nilai tukar rupiah, harga bahan bakar, serta biaya operasional lainnya.

Sementara Tulus Abadi selaku Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia alias YLKI menuturkan bahwa apabila tarif batas bawah atas maskapai direvisi dari 30% lalu menjadi 40%. Maka hal ini harus berbanding lurus dengan pelayanan maskapai yang diberikan pada penumpang.

Penetapan tariff batas bawah atas bersumber pada Permenhub No 14 Tahun 2016 mengenai mekanisme perhitungan serta penetapan tarif batas dan bawah. Tiket kelas ekonomi sebesar 30% dari tarif paling mahal. Dengan demikian, apabila terjadi kenaikan sebesar 10%. Maka tarif paling rendah tiket pesawat minimal 40% dari tiket paling mahal.

 
Keywords : tiket online,tiket pesawat online