Kementerian Perhubungan atau Kemenhub telah menargetkan perihal proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya bakal dilakukan pada awal tahun depan. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan RI.

Budi Karya menjelaskan bahwa di awal tahun 2018 pemerintah bakal melakukan pembebasan jalur kereta dari perlintasan sebidang. Pasalnya jika tak ada lagi perlintasan sebidang ini, laju kereta dapat lebih dimaksimalkan.

Kemenhub sepertinya bakal memakai jalur kereta yang telah ada dengan melakukan bermacam revitalisasi untuk membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya ini. Terdapat tiga pertimbangan menggunakan jalur kereta yang ada.

Pertama, rel kereta yang telah ada kenyataannya dapat dipakai oleh kereta sampai 150-160 km/jam. Kedua, investasi yang dikeluarkan pemerintah dalam mewujudkan proyek ini lebih kecil, hanya kisaran Rp 80 T, sementara bila membangun jalur yang baru dapat sampai Rp 100 T. Terakhir, pembangunan proyek ini dapat diselenggarakan lebih cepat. Pemerintah sendiri sudah menargetkan proyek ini dapat selesai dalam kurun waktu 3 tahun.

Pada kajian yang dilaksanakan, setidaknya sudah ada lebih dari 800 perlintasan sebidang yang wajib ditutup sepanjang jalur Jakarta-Surabaya. Penutupan ini dapat difasilitasi dengan pembangunan flyover serta underpass.

 
Keywords : tiket kai,tiket online,tiket kereta api