Gadget alias perangkat elektronik sekarang tidak akan pernah lepas dari kehidupan. Kecanggihannya memang sangat membantu manusia, namun harus tetap waspada dalam menggunakannya, apalagi dalam waktu yang lumayan lama.

Para pengguna gadget, kemungkinan sudah mengalami kecanduan sehingga tak dapat lepas dengan gadget. Padahal pencahayaan dari smartphone ataupun layar komputer di waktu yang lama bisa mendorong gangguan kesehatan pada mata.

Kebiasaan memakai gadget memang tidak sejalan dengan pengetahuan orang untuk menjaga kesehatan dari mata. Pencahayaan pada ruangan sendiri ikut memberikan peran untuk pengguna dalam memakai gadget, sebab mampu membuat pencahayaan lebih merata.

Daripada lampu konvensional sebagai alat pencahayaan yang banyak dipakai oleh masyarakat, lampu dengan teknologi LED dianggap lebih bisa membuat mata nyaman. Karena teknologi LED dianggap tak berkedip, mempunyai pencahayaan yang tak silau serta memancarkan cahaya dengan merata.

Walau pencahayaan dari gadget sudah bisa membuat pengguna mengoperasikan perangkatnya, pencahayaan dari lampu masih dibutuhkan. Tanpa pencahayaan ruangan, tampilan gadget bakal tampak silau sebab hanya berpacu pada satu titik saja. Sedangkan apabila lampu ruangan dihidupkan, bakal membuat pencahayaan menjadi lebih merata, dan tak hanya berfokus pada satu titik.

Sebaiknya pengguna bekerja dengan komputer yang disesuaikan dengan pencahayaan layar dengan lampu ruangan untuk kenyamanan mata demi kesehatan mata. Selain itu, ketika menggunakan laptop, tempatkan 20 cm dari wajah dengan sudut yang tak begitu tinggi yaitu sekitar 10 hingga 20 cm di bawah mata.

 
Keywords : bahaya gadget,dampak gadget