Teknik inbound marketing dan outbond marketing merupakan strategi bisnis dalam memasarkan produknya. Kedua teknik ini memiliki perbedaan mendasar dalam marketing bisnis. Strategi ini sudah akrab di telinga para pengusaha, terutama mereka yang bergerak dibidang startup. Salah satu startup yang juga tengah populer yaitu Davestpay.

Aplikasi pembayaran online ini memiliki produk yang juga dipasarkan dengan inbound marketing. Jika anda belum mengetahui secara mendalam, berikut akan dijelaskan perbedaan inbound marketing dan outbond marketing.

 

Perbedaan Inbound Marketing Dan Outbond Marketing

Pengertian teknik inbound marketing adalah sebuah metode yang digunakan dalam memasarkan produk dengan konsumen yang datang sendiri mencari produk kita. Teknik ini dilakukan dengan cara membuat konten yang menarik di internet atau media sosial agar konsumen tertarik dengan produk kita. Jadi, kita membuat iklan untuk produk kita tanpa mengganggu calon konsumen. Contoh dari teknik ini antara lain pemasaran di sosial media, email marketing, content marketing, dan cara pemasaran lainnya yang menggunakan internet.

Teknik outbound marketing merupakan kebalikan dari inbound marketing. Pengertian teknik outbond marketing adalah cara memasarkan produk dengan iklan di media seperti televisi, radio, media cetak, selebaran, dan lain sebagainya. Cara marketing atau promosi ini bisa disebut teknik klasik dan juga teknik jemput bola. Karena kita yang mencari konsumen sendiri agar tertarik dengan produk kita.

 

Manakah Yang Efektif?

Cara inbound marketing dirasa lebih efektif daripada teknik outbound marketing. Karena saat ini orang lebih banyak menggunakan internet untuk mengakses informasi. Dengan inbound marketing, konsumen melihat dan memilih sendiri produk yang dibutuhkan. Para pebisnis tinggal membuat konten iklan yang menarik dan konsumen datang sendiri. Sehingga para pebisnis lebih mudah menjaring konsumen. Selain itu, teknik ini tidak diacuhkan oleh konsumen seperti pada teknik outbond marketing. Karena outbound marketing memang sudah tidak menarik dan dirasa mengganggu konsumen.

Teknik outbound marketing juga dapat menghabiskan biaya yang besar. Tentu saja hal ini kurang efektif dan efisien. Itulah tadi sedikit ulasan mengenai perbedaan antara inbound dan outbound marketing. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. 

 
Keywords : inbound marketing dan outbond marketing,perbedaan inbound marketing dan outbond marketing,pengertian teknik inbound marketing,Pengertian teknik outbond marketing