Salah satu aspek terpenting dalam menjalankan usaha adalah faktor promosi dan publikasi. Saat ini dengan kemudahan akses informasi dan komunikasi melalui internet menjadikan promosi dan publikasi produk dapat dengan mudah dan keterjangkauan kepada pelanggan lebih intensif khususnya melalui media sosial.

Di Indonesia sendiri aktivitas penggunaan media sosial dari data Global Web Index survei mencapai angka 79,72% disusul Filipina 78%. Tentunya dari data tersebut menunjukkan peluang untuk memperkenalkan produk dan promosi melalui media sosial yang lebih menjanjikan.

Meskipun penggunaan media sosial sekarang ini cukup besar yaitu sejumlah 74 juta pengguna media sosial, namun tidak setiap waktu semua media sosial dibuka atau diaktifkan. Pengguna media sosial sudah memiliki pola waktu tersendiri kapan media sosial di buka.

Pola waktu tersebut perlu diketahui perbedaannya. Masing-masing waktu terbaik untuk posting di media sosial perlu dimanfaatkan dengan maksimal karena ketika itulah postingan tersebut mampu mendapatkan penonton terbanyak dengan keterjangkauan pembeli bisa didapatkan maksimal. Adapun waktu terbaik untuk posting di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin sebagai berikut:

1. Facebook

Facebook merupakan media sosial yang tepat memposting produk dan bentuk promosi lainnya. Facebook sendiri sebenarnya merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia dengan jumlah pengguna sebanyak 1.366.000.000 pengguna dan menduduki angka posting tertinggi. Waktu terbaik posting di media sosial ini adalah pada jam istirahat siang hingga jam 4 sore. Hindari memposting melalui Facebook pada akhir pekan, karena pengguna media sosial ini tidak akan banyak yang aktif di akhir pekan.

2. Twitter

Per Januari 2015 penggunaan media sosial Twitter menyentuh angka 284.000.000 pengguna dengan waktu posting di media sosial ini disarankan pada hari Senin-Kamis dengan jam 13.00-16.00. Hindari mengeposkan saat petang.

3. Instagram

Menempati angka posting terbanyak, instagram memiliki waktu terbaik untuk posting pada jam 12.00-18.00. Namun memiliki penurunan yang sangat rendah pada hari Minggu-Senin.

4. Linkedin

Sebagai media sosial untuk profesional Linkedin sangat berguna untuk perkembangan bisnis dan karir dengan pengguna menyentuh angka 200 juta user. Lalu lintas tertinggi media sosial ini terjadi sebelum jam kerja sehingga disarankan untuk waktu posting di media sosial ini pada jam 7.00-9.00.

 
Keywords : waktu terbaik untuk posing di media sosia,waktu terbaik,angka posting,psting di media sosial,jumlah pengguna,jumlah pengunaan