Ponsel pintar alias smartphone tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Tiap harinya, pastinya diperlukan smartphone untuk melakukan pekerjaan ataupun sekedar hiburan. Namun yang harus diperhatikan, penggunaan smartphone yang berlebihan juga tak akan memberikan faedah.

Contohnya ketika bersama keluarga, malah semuanya asyik bermain dengan ponsel masing-masing. Tanpa disadari, manusia sudah kecanduan menggunakan smartphone.

Seorang Psikolog bernama Adrian Ward menuliskan tentang betapa uniknya efek dari smartphone. Efek ini seperti halnya dengan nama yang melekat pada manusia. Dari kecil, nama menjadi identitas yang melengkapi kehidupan manusia. Ketika sedang fokus melakukan pekerjaan, tiba-tiba orang memanggil dengan menggunakan nama, pastinya si pemilik nama akan teralihkan dan menanggapi panggilan itu.

Inilah yang juga berlaku pada pemakaian smartphone. Ketika awal menggunakan, sepertinya akan lebih bisa mengatur waktu. Tetapi lama-kelamaan smartphone makin melekat dan menempel dalam kehidupan. Tak heran jika perhatian akan selalu ditargetkan pada ponsel pintar ini.

Hal ini pastinya akan memberikan dampak negatif dan juga positif yakni membuat cara berpikir dan kapasitas ingatan pengguna makin berkurang. Bahkan ketika smartphone dalam keadaan diam, mati, ataupun tak dipegang.

Demi mengatasi hal ini, maka Ward menyarankan untuk semua pengguna membiasakan diri untuk menaruh smartphonenya tak dekat dengan posisinya sekarang itu.

 
Keywords : smartphone baru samsung,samsung gear,google gr,samsung gear vr,samsung gear vr untuk anak