Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri, mengatakan bahwa sebaiknya PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) dipecah menjadi beberapa wilayah pelayanan. Usulan ini diungkapkan setelah dirinya banyak menerima masukan dari beberapa kepala daerah mengenai pelayanan dan pasokan listrik yang tidak maksimal.

Dirinya mengaku telah membahas masalah ini dengan Dirut PLN Sofyan Basir. Namun ia mengatakan bahwa pihaknya masih kesusahan mengurus masalah listrik.

Rencana pembangunan pembangkit listrik diharapkan bisa finis di tahun 2019. Tahun lalu hanya ada satu pembangkit listrik yang selesai pembangunannya, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Gorontalo.

Tjahjo menambahkan bahwa lambatnya pembangunan ini disebabkan oleh masalah perizinan dan investasi. Oleh karena itu, Kemendagri sudah bersiap menghapus tiga ribu perda yang dinilai menyulitkan langkah PLN.

Saat ini PLN sudah membagi wilayah pelayanannya di 7 daerah. Yaitu Jawa Barat & Lampung, Jawa Timur & Bali, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi & Nusa Tenggara, serta Maluku & Papua. Dari yang sebelumnya hanya dua regional, Pulau Jawa & Bali serta Luar Pulau Jawa & Bali.

 

Keywords : pln online, bayar tagihan, tagihan online, pln, bayar tagihan online, voucher pln, token pln, pln prabayar