Pemerintah akan menggunting jumlah penerima subsidi listrik golongan 450VA, setelah memangkas subsidi listrik bagi sekitar 18,7 juta pelanggan listrik golongan 900VA.

Ada kurang lebih empat juta pelanggan listrik 450VA yang bakal dicabut subsidinya dan beralih mengonsumsi listrik nonsubsidi  pada tahun ini.

Pencabutan subsidi bagi pelanggan golongan terendah yang dianggap mampu saat ini masih dalam pembahasan. Lantaran harga listrik nonsubsidi mengikuti pergerakan Indonesia Crude Price (ICP), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan inflasi.

Jika hal tersebut terlaksana maka makin banyak para pelanggan listrik yang beralih ke setrum nonsubsidi prabayar karena lebih murah dari pada pelanggan listrik pascabayar.

Dan pelanggan listrik prabayar tidak lagi dibebani dengan abodemen bulanan yaitu biaya yang selama ini dibebankan kepada pelanggan pascabayar.

Menjadi pelanggan listrik prabayar berarti anda akan mengisi kebutuhan listrik rumah tangga seperti anda mengisi pulsa telepon.

Jadi anda harus beradaptasi dari sisi gaya hidup supaya biaya konsumsi listrik anda tidak terlalu drastis pembengkakannya.

Berikut beberapa trik penghematan listrik prabayar yang bisa anda tetapkan:

  1. Matikan Lampu Bila Sudah Tidak Menggunakan

Biasakan mematikan lampu ketika malam dan sisakan saja beberapa penerangan yang penting. Misalnya, lampu teras, lampu dapur dan lain-lain. Langkah ini jarang dilakukan oleh banyak orang. Jangan lupa juga selalu mematikan penerangan saat keluar dari ruangan.

  1. Cabut Steker Listrik Dari Terminal

Membiarkan steker listrik terpasang terus di terminal berlama-lama, bukan berisiko merusak peralatan elektronik. Konsumsi listrik juga terus berjalan selama steker listrik anda biarkan terpasang.

  1. Ganti Lampu Dengan Lampu LED

Gantilah lampu anda dengan lampu LED harganya memang relatif mahal dibanding lampu biasa. Tapi, penghematannya akan terasa dalam jangka panjang.

  1. Atur Pemakaian Alat Elektronik Berdaya Besar

Beberapa peralatan elektronik memakan listrik yang tidak kecil. Sperti AC, pompa air, dispenser, rice cooker atau magic com, mesin cuci dan lain-lain. Atur pemakaian alat-alat elektronika yang boros listrik ini agar listrik prabayar anda tidak lekas habis.

  1. Galakkan Aksi Penghematan Anggota Keluarga

 Bila isi rumah anda terdapat banyak orang maka pengehematan konsumsi listrik akan sulit dilakukan oleh satu orang saja. Terlebih bila. Mulai kampanyekan gerakan hemat listrik keluarga demi kesehatan finansial.

Anda bisa membantu meningkatkan anggota keluarga untuk berhemat listrik dengan membuat tulisan-tulisan pengingat yang  dapat anda tempel di dekat peralatan elektronik.

 
Keywords : listrik pln,penyediaan listrik,listrik daerah,listrik di indonesia,listrik prabayar