Listrik adalah salah satu kebutuhan harian manusia yang secara berkelanjutan selalu menjadi yang utama. Pemakaian listrik di rumah akan berpengaruh pada banyaknya pengeluaran keuangan keluarga. Semakin banyak listrik yang digunakan semakin banyak pula pengeluaran begitupun sebaliknya.

Untuk meminimalisir pemborosan listrik kita harus segera melakukan tindakan nyata untuk mengurangi pemakaian listrik di rumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik.

1. Mencopot charger gadget

 Kita mungkin sering melakukan kebiasaan yang tanpa disadari dapat memperbanyak pemakaian listrik seperti tidak mencopot charger handphone setelah selesai digunakan. Meskipun HP tidak lagi dialiri listrik karena telah dicabut, dengan tetap menancapnya charger pada colokan berarti aliran listrik masih terus terjadi.

2. Mengontrol penggunaan magiccom

Ketika menanak nasi, magiccom cukup menyerap banyak daya listrik. Untuk meminimalisir banyaknya listrik yang digunakan adalah dengan menggunakan air yang telah dimasak terlebih dahulu kemudian dimasukkan bersama nasi sehingga nasi akan cepat matang. Cara menghemat listrik yang satu ini terbukti cukup efektif.

3. Matikan lampu

Jangan membiasakan untuk menyalakan lampu ketika malam hari saat anda terlelap. Bayangkan berapa lama anda tidur dan berapa banyak listrik yang terpakai? Untuk itu nyalakan bagian-bagian tertentu saja, selebihnya matikan. Selain lampu jangan biasakan juga untuk menyalakan TV ketika tidak sedang menontonnya karena meskipun terlihat sederhana namun itu cukup banyak memakan pemakaian listrik.

4. Gunakan listrik seperlunya

Matikan peralatan elektronik ketika sedang tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama misalnya ketika anda sedang bekerja. Cabut kabel dari colokan atau sumber listrik sehingga selain berhemat anda juga terhindar dari resiko korsleting listrik yang dapat berakibat terjadinya kebakaran.

5. Kurangi listrik di malam hari

Menghemat listrik juga bisa dilakukan dengan mengurangi pemakaian listrik di malam hari terutama untuk pemakaian dalam jumlah banyak seperti setrika, menanak nasi dengan macigcom, mesin cuci, dan pompa air listrik. Lebih baik gunakan alat-alat elektronik tersebut di pagi hari karena pemakaian listrik di sore dan malam hari jauh lebih banyak memakan daya daripada di pagi dan siang hari.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa anda rubah sedini mungkin sebagai cara mudah untuk menghemat pemakaian listrik di rumah. 

 
Keywords : menghemat pemakaian listrik,penghematan listrik,reduce electricity usage,pemakaian listrik di rumah,cara menghemat listrik,banyak listrik yang terpakai,mengurangi pemakaian listrik