Untuk membuat pulsa listrik dirumah awet lebih baik sebaiknya menggunakan cara tepat agar tak boros. Bukan hanya untuk yang memakai layanan listrik pascabayar, melainkan pengguna listrik prabayar pun wajib berhemat.

Ternyata ada empat cara mudah yang dapat diterapkan untuk menghindari pemborosan pulsa listrik, berikut ini cara yang dapat dilakukan dari ulasan DavestPay, antara lain:

Jangan Boros

Tanpa disadari, sering melakukan pemborosan listrik disebabkan karena kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk tersebut seperti tidur ketika menonton televisi atau lampu yang biasanya dibiarkan menyala saat tak terpakai. Jangan lakukan kebiasaan ini karena artinya boros. Agar lebih hemat maka aktivitas yang biasanya memerlukan listrik lakukan saja secara manual. Misalnya jangan gunakan hair dryer, memasak nasi dengan cara tradisional, atau jangan menggunakan blender jika hanya ingin membuat sambel pilih mengulek saja.

Pastikan Ventilasi Terbuka

Jika memiliki pendingin udara, coba untuk mengecek ventilasi rumah. Beberapa ruangan mungkin tertutup dengan rapat. Padahal sebenarnya ruangan yang tertutup rapat akan memaksa AC bekerja lebih keras demi membuat ruangan dingin. Jadi bukan hanya membuka ventilasi, bersihkan filter atau penyaring udara ventilasi jika tampak berdebu. Hal ini dapat membuat udara dalam ruangan menjadi segar dan bersih.

Jika tak menggunakan pendingin udara, biarkan ventilasi dan jendela terbuka serta bebas debu sehingga akan memberikan udara yang segar serta sinar matahari alami bisa masuk ke dalam ruangan.

Stop Kontak dan Kabel Harus Dicabut

Pakai listrik pada perangkat pada saat akan digunakan. Bukan hanya itu, biasakan untuk cabut kabel listrik dari stop kontaknya ketika tak digunakan. Kabel yang terus-terusan tertancap akan tetap menyerap daya listrik yang membuat tagihan listrik terus berjalan.

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Hindari menggunakan air hangat untuk mencuci di mesin cuci sebab dapat meningkatkan konsumsi listrik sampai 90%. Mencuci dengan air dinginpun akan mengurangi pekerjaan sebab tak harus memisahkan jenis pakaian saat mencuci pakaian. Lalu hindari pula mengisi mesin cuci hingga full. Walau mesin cuci memiliki kapasitas besar, namun sebaiknya sisakan 25% ruang kosong dalam mesin agar baju bisa mongering secara maksimal. Lebih baik mencuci di siang hari saja sebab tarif listrik tak terlalu tinggi.

Itulah cara dalam menghemat listrik prabayar, namun jika bingung cara membeli listrik prabayar, DavestPay solusinya. DavestPay memberikan harga terbaik dalam pembelian listrik prabayar yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Dapatkan aplikasi DavestPay di playstore dan web davestpay.com. 

 
Keywords : davestpay,listrik,listrikprabayar,pln,tokenlistrik,tagihan,listrikpintar,PLN,Aplikasipembayaran,teknologi,tips