Pemadaman listrik yang biasa terjadi secara tiba-tiba kerap kali membuat kesal para penggunanya. Pasalnya, listrik menjadi kebutuhan masyarakat yang paling mendasar. Tanpa lisrik, masyarakat akan sulit menjalankan aktivitas mereka. Pemadaman listrik yang terjadi secara mendadak biasanya membuat banyak masyarakat mengeluhkan hal tersebut ke PLN.

Akan tetapi, pemadaman listrik yang terjadi bukan hanya faktor dari PLN. Bisa saja pemadaman listrik yang terjadi akibat daya yang sudah berlebihan ataupun penggunanya terlambat membayar tagihan listrik. Oleh karena itu, berikut ini hal yang harus dilakukan jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik.

1.    Periksa Listrik Tetangga

Hal pertama yang paling umum dilakukan orang-orang ketika mengalami pemadaman listrik adalah mengecek listrik tetangga. JIka listrik tetangga Anda menyala, berarti masalah ada pada listrik Anda. Bisa saja Anda lupa membayar tagihan listrik ataupun token listrik Anda sudah habis.

2.    Laporkan Pemadaman

Jika ingin mengetahui apa penyebab pemadaman, cobalah untuk menghubungi kantor PLN terdekat di kota Anda. Anda juga bisa menghubungi melalui Contact Center PLN di nomor 123 (0721-123). Sebelum menghubungi PLN pastikan terlebih dahulu bahwa pemadaman listrik Anda tidak terjadi karena faktor dari Anda.

3.    Hidupkan Lampu Darurat

Selalu sediakan lampu darurat di rumah untuk menerangi ruangan dan lebih baik mempunyai lebih dari satu lampu darurat sehingga dapat ditempatkan di ruang utama dan teras rumah untuk mengawasi. Anda juga bisa menggunakan lilin sebagai opsi penerangan sementara. Selain itu, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan tanpa penerangan karena dapat membahayakan diri sendiri.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik. Namun, jika pemadaman listrik terjadi karena Anda lupa membayar tagihan listrik ataupun token listrik yang habis, Anda harus segera membayar itu semua agar listrik dapat kembali mengaliri rumah Anda.

Selain itu, membayar tagihan listrik ataupun membeli token listrik sekarang tidak perlu mengunjungi agen dalam bentuk fisik. Anda bisa menggunakan platform DavestPay dari PT Hensel Davest Indonesia (HDI) untuk memfasilitasi kebutuhan listrik Anda. Transaksi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama 24 jam penuh melalui smartphone ataupun website tentunya akan memberikan fleksibilitas bagi Anda ketika bertransaksi.

 
Keywords : davestpay,PLN,Pemadanganlistrik,aplikasi,listrik,Appterkini,internet,solusipembayaran,teknologi,fintech