PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN sudah melakukan perjanjian jual beli listrik dari pembangkit listrik dengan basis Energi Baru Terbarukan atau EBT dengan jumlah kapasitas 1.189 MW sepanjang tahun 2017. Pembelian ini adalah rekor pembelian terbesar dan menjadi sejarah selama perusahaan itu berdiri.

Ignasius Jonan selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM mengungkapkan bahwa PLN sudah tiga kali melakukan penandatanganan perjanjian jual beli listrik sepanjang tahun 2017. Apabila ditotalkan, maka lebih dari 1.000 MW, yakni pada angka 1.189 Mega Watt.

Jonan menjelaskan bahwa total 1.189 MW listrik yang sudah dibeli oleh PLN itu bersumber dari 69 pembangkit listrik dari EBT. Hal ini pastilah belum pernah terjadi pada tahun sebelumnya. Sofyan Basir selaku Direktur Utama PLN mengungkapkan bahwa perjanjian tahun ini yang berasal dari pembangkit EBT merupakan sejarah. Karena salama PLN berdiri pun, belum pernah sampai pada angka tersebut.

Pada tiga tahun sebelumnya yakni 2014 hingga 2016 total yang sudah ditandatangani bahkan tak sampai  50 pembangkit listrik. 

 
Keywords : pln,berita pln,update pln