PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bakal membebaskan biaya penambahan daya listrik atas berlakunya penyederhanaan pada golongan pelanggan rumah tangga. Sofyan Basyir selaku direktur Utama PLN mengungkapkan bahwa dari data pegawai PLN di lapangan, pelanggan yang mau menaikkan daya sekarang ini bermasalah pada biaya.

Sofyan juga menuturkan bahwa demi mengurangi masyarakat yang mengalami kenaikan daya terhadap pelaksanaan penyederhanaan golongan pelanggan rumah tangga maka PLN bakal membebaskan biaya penambahan daya listrik.

PLN tak akan mengalami kerugian terhadap pembebasan biaya penambahan daya listrik. Sebab, apabila daya listrik yang dipakai pelanggan naik, maka bakal meningkatkan pendapatan untuk PLN. Kali ini,  PLN dan Kementerian ESDM sedang mengupayakan penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga yang bukan subsidi. Penyederhanaan tak berlaku untuk pelanggan rumah tangga penerima subsidi.

Penyederhanaan cuma diperuntukan untuk pelanggan yang bergolongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, serta 3.300 VA. Seluruh golongan itu bakal dinaikkan dan ditambah daya sampai 4.400 VA. Sedangkan pada golongan 4.400 VA sampai dengan 12.600 VA bakal ditingkatkan serta ditambah dayanya sampai 13.000 VA, lalu golongan di atas 13.000 VA dayanya bakal di lost-stroom.

Kenaikan serta penambahan daya out tak bakal berpengaruh pada pengeluaran biaya listrik masyarakat sebab tak akan dikenai oleh biaya apapun, lalu besaran tarif per KWH tak bakal berubah. Sebagai visi dari pemerintah pada bidang kelistrikan yaitu menaikkan kapasitas listrik, keterjangkauan masyarakat untuk mengakses listrik, dan pemerataan layanan listrik dengan target elektrifikasi nasional 97% sampai di tahun 2019.

 
Keywords : pln,terminal pln,berita pln,kenaikan tarif listrik,dirut pln,kantor pln pusat,diskon pln