PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mempercepat proyek jaringan transmisi 275 kV dan 500 kV yang ada di Sumatera. Infrastruktur kelistrikan yang dinamai tol listrik Sumatera ini, demi mengalirkan listrik dari pembangkit besar yang dominan banyak terdapat di Sumatera Selatan.

Wiluyo Kusdwiharto selaku Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN menjelaskan bahwa dalam program kelistrikan 35 ribu MW, PLN wajib membangun jaringan transmisi sepanjang 46 ribu kilometer sirkit (kms), 19 kms diantaranya akan dibangun pada Sumatera untuk mengalirkan listrik dari pembangkit program 35 ribu MW.

Wiluyo menambahkan PLN terus berusaha dalam menyelesaikan proyek jaringan transmisi untuk ukuran 275 kV dan 500 kV di Sumatera. Infrastruktur ini demi mengalirkan pasokan listrik dari Sumatera Selatan ke wilayah Sumatera lainnya yang penggunaan listriknya besar misalnya Sumatera bagian utara.

Sampai semester pertama, PLN bahkan sudah berhasil menyelesaikan sekitar 1.658 kms yang membentang dimulai dari Lahat, Payakumbuh, Sarulla, Sidempuan, serta Pangkalan Susu sampai Galang. Diwaktu dekat ini, tol listrik yang bakal beroperasi dari Payakumbuh hingga Padang Sidempuan dengan panjang sekitar 600 kms. Dan sekarang ini PLN sudah berhasil membebaskan lahan demi pembangunan selanjutnya yaitu 2.213 titik tapak tower.

Wiluyo menuturkan bahwa semakin cepat penyelesaian tol listrik, maka evakuasi daya makin terjamin dan pasokan listrik makin baik, tidak kalah penting hal ini mengakibatkan PLN berpotensi menghemat milyaran rupiah perbulannya.

 
Keywords : pln,berita pln,kenaikan tarif listrik,dirut pln,kantor pln pusat,diskon pln