Setelah rumor yang beredar akhir-akhir  ini, Google akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya akan mengaku layanan streaming music, Spotify. Sebagai mahar, Google akan memberikan USD 41,1 miliar atau sekitar Rp 54,931 triliun.

Google mengungkapkan pengumuman tersebut pada Wall Street Journal.Akuisisi besar ini demi memperoleh posisi kuat Google di industri musik sekaligus bertanding dengan rivalnya yakni Apple Music.

Pada situasi sekarang, anak perusahaan Google, Alphabet, dan YouTube berjuang untuk membuat dampak yang signifikan di segmen music streaming. Namun, dengan akuisisi Spotify, keadaan mungkin berubah sebab Spotify telah mempunyai 50 juta pelanggan yang membayar. Setelah akuisisi, investor seperti Goldman Sachs, Kleiner Perkins Caufield & Byers, Northzone Ventures, dan miliarder Sean Parker dan Li Kashing akan diberikan dengan sejumlah masing-masing miliaran dolar.

Seiring dengan akuisisi ini, Google juga berencana untuk mendesain ulang program royalti. Diharapkan, Google akan menghilangkan model pembayaran konvensional sekaligus untuk memaksimalkan pembayaran iklan “Monetisasi”  ke Alphabet.

Walaupun demikian, belum jelas apa yang akan terjadi pada Spotify setelah diakuisisi oleh Google. Sebab ini merupakan salah satu akuisisi di pasar, Google akan mencoba mengambil keuntungan dari teknologi dan basis pelanggan Spotify.

 
Keywords : spotify,aplikasi spotify,spotify diakuisisi google,spotify indonesia