Semakin banyaknya startup bidang fintech (financial teckhnology) diduga akan berdampak signifikan bagi kehidupan Industri perbankan basic Tradisional. Untuk itu, perbankan diharapkan mampu cepat beradaptasi.

Glen Geardi selaku Direktur Utama Bank Bukopin mengungkap bahwa eksistensi perbankan dengan standar tradisional akan terancam dengan kehadiran fintech. Namun hal ini akan memicu perbankan untuk memperbaiki diri sehingga muncullah potensi yang besar.

Berdasarkan hal tersebut, ia menyarankan agar semua perbankan untuk turut mengikuti arus dengan masuk kedalam ekosistem startup serta melakukan sinergi. Glen sendiri bersama Bukopin telah merilis BNVLabs sebagai wadah untuk eksperimen bagian pelaku startup dan korporat.

Sama halnya dengan Glen, Rudiantara selaku Menkominfo mengatakan bahwa perbankan memiliki kewajiban untuk melakukan transformasi agar tidak tergencet dengan startup berbasis fintech.  Menurut Rudiantara, dengan hadirnya Fintech maka akan lebih memberikan kemudahan dimata konsumen.

 
Keywords : fintech,fintech indonesia,davestpay,aplikasi davestpay,aplikasi pulsa online,bisnis online