Salah satu acara yang telah didatangi oleh tiga pemenang ajang The Nextdev dalam perjalanannya ke Swiss dan Prancis yaitu diskusi bersama CEO Teleport Gavrilo Bozovic, mengenai perbandingan kehidupan startup di Silicon Valley, AS dan Swiss.

Diskusi ini bertemakan “Silicon Valley vs Silicon Valais” yang diadakan oleh Swiss Tech Association di Ibukota Swiss, Bern. Bozovic menceritakan pengalamannya selama menjadi pendatang di Silicon Valley saat melakukan pengembangan pada startup yang dimilikinya yaitu Teleport. Bozovic mengatakan bahwa ada empat hal yang menjadi pembeda antara startup di Swiss dan AS, yaitu ambisi, pendanaan, perencanaan, dan demografi dan budaya.

Ambisi

Silicon Valley memiliki startup yang berusaha membangun produk yang bukan sekedar dibutuhkan saat ini, namun dibutuhkan dalam waktu yang sangat lama (jangka panjang). Namun kebanyakan startup di Swiss hanya membuat produk yang hanya menjadi solusi saat ini, bukan masa depan.

Pendanaan

Pada Silicon Valley, para investor bukan hanya memberikan suntikan dana, melainkan juga memberikan pelatihan kepada para startup agar terus berkembang. Sementara pada Swiss, kebanyakan investor hanya memberikan dana tanpa pelatihan. Dan parahnya, para investor menginginkan startup tersebut untuk bisa balik modal secepatnya.

Perencanaan

Startup di AS biasanya memiliki pengembangan yang unik, seringkali melakukan pivoting dan biasanya memerlukan waktu agak lama sampai akhirnya mencapai kata sukses. Misalnya facebook yang dimana business modelnya baru bisa terlihat setelah mereka IPO.

Sementara di Swiss, seringkali mereka memaksakan keadaan untuk mencapai kesuksesan dengan waktu singkat, yang akan berujung pada matinya startupnya sendiri.

Demografi dan Budaya

Startup di AS mampu dengan mudah bertemu dengan calon stakeholder, dan biasanya itu bisa terjadi dalam waktu singkat. Namun sebaliknya, di Swiss cenderung kesulitan mendapat stakeholder dalam waktu cepat.

Diskusi ini diakhiri dengan Forum Question and Answer dengan para peserta diskusi yang didominasi oleh para pemenang The Nextdev dengan jumlah 9 orang yang bersumber dari 3 tim, yaitu Habibi Gargden, Juru Parkir, dna Kostoom.

The Nextdev merupakan salah satu program tanggung jawab sosial Telkomsel yang berupa kompetisi pembuatan solusi digital untuk smart city dan smart rutal yang mengarah dalam  pencarian potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan aplikasi mobile yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Lebih dari seribu aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi namun hanya terpilih tiga pemenang The NextDev 2016 setelah melewati sejumlah tahap seleksi yaitu tingkat regional dan nasional, pitching, dan bootcamp.

 
Keywords : silicon valley episodes,silicon valley season 4,silicon valley companies,silicon valley watch online,silicon valley wiki,silicon valley netflix