Hampir setiap orang memiliki keinginan untuk membuka usaha sampingan untuk penghasilan tambahan. Seperti yang kita ketahui banyak sekali peluang usaha modal kecil untung besar. Peluang usaha modal kecil ini dapat anda temui di internet atau media lainnya.  Disini kita akan mengupas habis mengenai cara usaha modal kecil beserta contoh usaha modal kecil untung besar 2016.

Ada beberapa peluang usaha modal kecil untung besar 2016 yang bisa Anda jadikan sebagai referensi antara lain:

1. Usaha Sampingan Jasa
Peluang usaha modal kecil pertama adalah membuka bisnis jasa. Tidak perlu modal besar, dengan modal kecil, anda langsung dapat membuka usaha sampingan. Beberapa peluang bisnis modal kecil bahkan dapat anda lakukan di rumah.
Contoh usaha rumahan modal kecil dalam bidang jasa yaitu laundry, menjahit, atau membuka rental komputer. Beberapa hal tersebut merupakan peluang bisnis modal kecil yang bisa bermodalkan mesin atau beberapa perangkat ringan, seperti laundry dengan beberapa mesin cuci, mesin jahit dalam bisnis menjahit, dan komputer dalam rental komputer.
Selain itu, ada contoh usaha rumahan modal kecil lainnya, dimana anda cukup memanfaatkan barang yang anda miliki, atau bahkan bisa tanpa modal. Seperti jasa desain, les privat, translator, jasa pengetikan, agen asuransi/umroh dan haji, fotografer, serta penulis artikel. Beberapa contoh bisnis tersebut dapat dijadikan peluang usaha modal kecil untung besar.

2. Usaha Sampingan Penjualan Barang
Selain jasa, ada beberapa peluang bisnis modal kecil penjualan barang yang juga bisa dilakukan di rumah seperti, menjual pulsa elektrik, reseller/grosir produk, penjualan barang berdasarkan hobi, catering/ membuat kue, warung makan, bisnis kreatif rumahan, hingga membuka kos-kosan.

Lalu bagaimana cara untuk memulai bisnis modal kecil tersebut? Nah, meskipun modalnya kecil, namun jika tidak segera dilakukan bisa saja ide tersebut menguap. Untuk itu, berikut beberapa cara awal agar usaha modal kecil yang dapat anda lakukan bisa segera dijalankan, antara lain:

1. Memanfaatkan alat/perlengkapan yang dimiliki
Pertama adalah dengan memanfaatkan barang yang dimiliki. Seperti laptop/komputer, gadget, barang bekas, atau alat yang mendukung bisnis anda. Dengan begitu, anda akan lebih hemat.

2. Tingkatkan kemampuan berdasarkan hobi
Jika anda memiliki hobi yang menarik, maka manfaatkan hal tersebut. Terus tingkatkan kemampuan anda hingga hasil dari hobi tersebu bisa dijual.

3. Optimalkan pemasaran online
Pada masa teknologi seperti ini, saat yang tepat bagi anda untuk melakukan marketing secara online. Karena dinilai hemat, dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang begitu besar.

4. Manfaatkan peluang yang ada
Selalu manfaatkan peluang yang ada. Jika lokasi rumah anda strategis, maka akan cocok untuk membuka usaha. Apalagi jika di daerah anda belum ada yang membuka usaha seperti yang anda inginkan.

Setiap orang pasti berbeda ide dan cara awal memulai usahanya. Paling tidak beberapa uraian diatas bisa membantu Anda untuk segera mendapatkan inspirasi usaha modal kecil untung besar.

 
Keywords : Peluang usaha modal kecil,Cara usaha modal kecil,Contoh usaha rumahan modal kecil,Peluang usaha modal kecil untung besar,Usaha modal kecil untung besar 2016,Peluang bisnis modal kecil