Pengertian Payment point dan manfaatnya merupakan alat cara pembayaran dari masyarakat yang ditujukan untuk keuntungan pihak tertentu biasanya adalah giro milik suatu perusahaan yang pembayarannya dilakukan melalui bank.

Payment point adalah salah satu jasa perbankan pembayaran dan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan pembayaran - pembayaran yang relatif rutin setiap jadwalnya contohnya pembayaran bulanan yang nilainya  relatif kecil seperti pembayaran rekening listrik PLN , telepon Telkom, dan PDAM air, serta pembayaran kartu prabayar atau pulsa,

Dan seiring perkembangannya Payment Point juga melayani loket pembayaran Leasing Finance, pembayaran TV berbayar dan sebagainya. Payment point juga disebut  rekening titipan dan  dapat diartikan sebagai rekening dengan bersyarat yang Sifatnya tidak mengikat bank untuk melakukan kewajiban kepada setiap individu atau lembaga tertentu yang memberi amanat.

Payment point dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu payment poin konvensional atau system online payment point (SOPP) dengan payment point online bank (PPOB).

1. System Online Payment Point atau (SOPP)

Payment Point Konvensional atau dapat diartikan (SOPP) adalah salah satu mekanisme Mode pembayaran tagihan dengan cara konvensional dimana cara proses pelimpahan dana pembayaran ke rekening recieved PLN dilakukan dengan cara melakukan penyetoran dana melalui Bank secara cash tunai.

 Dalam System pengelolaan data nya yang biasa dilakukan dalam manage data sekarang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu adalah:

1) Pengelolaan data secara Batch, yaitu adalah system pengelola data transaksi dengan cara seperti mengumpulkan terlebih dahulu semua transaksi yang ada dan kemudian pada waktu yang telah ditentukan data transaksi sebelumnya dan sekaligus akan diproses, biasanya dengan merevisi data file master.

2) Pengelolaan data mode online, yaitu adalah pengelolaan secara langsung saat data dimasukkan ke dalam sebuah system pengelolaan informasi. Pengelolaan data secara online ini dikembangkan untuk diperoleh.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang mendukung dalam computerisasi di jaringan telekomunikasi, maka dibuatlah berbagai macam jenis aplikasi yang dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan kegiatan bisnis pembayaran online, salah satunya adalah aplikasi Sistem Online Payment Point.

Aplikasi  SOPP adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melayani berbagai pembayaran pelunasan piutang kepada pelanggan dan Proses pelunasan diawali dengan membaca Data Piutang Pelanggan  untuk menentukan pelanggan dan jumlah tagih yang akan dilunasi yang direalisasikan dengan dengan format Data Pelunasan Harian atau singkatnya DPH.

 

Adapun beberapa penerapan fungsi Aplikasi SOPP

- Melihat Informasi semua tagihan Pelanggan.

- Melayani Pembayaran atau pelunasan piutang pelanggan baik itu individu atau kolektif secara kelompok.

- Memantau pelunasan hutang piutang, denda serta membuat nota kredit harian serta komulatif.

- Memantau data hutang yang belum lunas.

- Mencetak semua laporan yang terkait dengan semua tagihan pelanggan dan hutangnya.

 

2. Payment Point Online Bank

Adalah salah satu system dimana mekanisme pembayaran tagihan yang sangat lebih aman, mudah dan murah serta proses yang tidak rumit. Payment Point Online Bank Atua singkat PPOB ini merupakan layanan pembayaran tagihan secara online real time 24 jam sehingga proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat serta aman.

PPOB yang diselenggarakan di perusahaan-perusahaan seperti PLN, PDAM, Telkom, dll yang  bekerjasama dengan hampir semua perbankan. Pelanggan konsumen dapat membayar di mana saja dan kapan saja dan dengan cara apa saja melalui Delivery Channel atau sistem Aplikasi yang dikembangkan perusahaan penyelenggara PPOB dan Delivery channel seperti (ATM, Teller, Autodebit, Internet Banking dll.

Berbeda dengan Semi Online Payment Point Atau singkat SOPP, yang melakukan penyetoran dana ke rekening receipt yang bersangkutan dengan membawa uang cash tunai secara langsung langsung, SOPP ada delay waktu dalam proses rekonsiliasi data dan dana sehingga pada tingkat keamanan nya tidak seakurasi PPOB.

PPOB tidak hanya cuma lebih memudahkan layanan bagi pelanggan yang menggunakannya, namun juga memiliki multiflier effect yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia, dengan membuka peluang wirausaha baru dan pemberdayaan ekonomi kecil menengah. Kedepannya PPOB berlomba-lomba menjadi yang terlengkap fitur pelayanannya, produk dan termudah dalam pengoperasiannya termasuk menerapkan sistem aplikasi Platfrom pada Smartphone.

PPOB ini juga merupakan system yang digunakan telah digunakan oleh PLN dalam pelaksanaan penerimaan pembayaran iuran listrik setiap bulannya, dimana setiap loket pembayaran memiliki deposit pada bank dan code Konsumen, Dalam system PPOB proses penerimaan tagihan listrik tidak dilakukan oleh petugas PLN lagi namun langsung diterima oleh coolecting agent PPOB dan secara otomatis ditransfer ke account receipt office PLN. Dengan adanya system PPOB, maka beberapa proses bisnis pembayaran yang selama ini sudah berjalan dapat lebih disederhanakan dan dimudahkan.

Adapun Konsep PPOB Yaitu :

1. Kerja sama dengan bank dan pos, kemudian memanfaatkan network para pebisnis usaha PPOB.

2. Memanfaatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan pembiayaan dan pembayaran.

3. Menumbuhkan peluang usaha pada jasa layanan online yang terdapat dalam masyarakat.

Dan beberapa tujuan PPOB , diantaranya adalah:

1. Mengamankan kas pendapatan.

2. Menyederhanakan proses bisnis Pembayaran yang efisien. 

Keuntungan Menggunakan PPOB (Payment Point Online Bank)

- PPOB ikut serta dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.
- Penghematan biaya operasional Bagi pembuka jasa loket.
- Biaya membuka Usaha sangatlah murah.
- Memudahkan Masyarakat membayar tagihan rutin setiap buan tanpa perlu mengantri.
- Keuntungan yang diperoleh sangat menjanjikan, semakin banyak melayani Loket pembayaran        
- PPOB semakin banyak pula pemasukan anda.

 

Bagaimana perusahaan mengembangkan Payment Point?

- Pengertian payment point dan manfaatnya banyak hingga beberapa perusahaan Bank dan perusahaa Swasta ikut mengikuti bisnis ini sehingga banyak dari beberapa vendor menelurkan jargonnya dan menerapkan konsep berbeda namun dengan realisasi yang sama, contoh dengan pendaftaran gratis, dan harga yang bersaing serta konten promo yang berbeda – beda.
- Perusahaan ingin mempercayai siapa pengembangnya buat mereka yang ingin merasakan manfaat dalam Bisnis Payment point ini menjadi tolak ukur yang sangat besar, masalahnya adalah menyimpan saldo dalam nominal besar uang anda, dan anda harus mempercayakan pada Perusahaan pengembang Payment Point.


PT.Hensel Davest Indonesia

PT.Hensel Davest Indonesia mengeluarkan jargon produk PPOB andalan nya adalah DavestPay.com yang memiliki keamanan handal dalam bertransaksi sehingga anda tidak perlu khawatir dalam bertransaksi 24 jam Realtime tanpa masalah, anda dapat  dengan mudah membuka usaha jasa bisnis PPOB dan anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan murah harga bersaing, produk DavestPay.com  dapat lebih banyak mengikat pasar konsumen sekeliling anda sehingga keuntungan anda tanpa batas  dengan sepuluh ribu user user DavestPay.com bisa menjadi pilihan tepat bisnis usaha PPOB kepercayaan Anda.

 

Masih bingung lagi memulai bisnis PPOP? Segera Daftarkan diri anda untuk usaha PPOB ke DavestPay.com

 
Keywords : Pengertian Payment Point,Pengertian Payment Point Online Bank,Arti Payment Point,usaha PPOB Online