Peternak masih menempatkan usaha peternakan menjadi salah satu tabungan. Usaha itu masih sangat terbuka dan menjanjikan. Suswono selaku Menteri Pertanian menuturkan bahwa jumlah peternak sapi yang ada di Indonesia sekarang ini sudah mencapai sekitar 5,6 juta orang. Sementara jumlah ternak sapi yang dihasilkan cuma dalam kisaran 14 juta ekor.

Infrastruktur juga masih menjadi permasalahan. Sebab mahalnya biaya angkut sapi dari NTT ataupun NTB ke Jakarta kenyataannya masih lebih mahal daripada biaya angkut dari Australia. Maka dari itu, sudah diposisikan program swasembada daging pada prioritas kelima supaya ketahanan pangan Indonesia tetaplah awet.

Terdapat beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah, bukan hanya swasembada daging. Melainkan ada pula diversifikasi pangan, menambah kesejahteraan peternak, dan menaikkan eskpor daging. Kunci dari kesuksesan swasembada daging ternak yakni keseriusan SDM peternakan di Indonesia. Pasalnya tantangan SDM peternakan kian berat terkhusus di tengah persaingan dunia.

 
Keywords : peluang usaha,usaha,usaha untuk anak muda,usaha di pedesaan