PDAM memiliki kepanjangan Perusahaan Daerah Air Minum, didirikan oleh BUMD, dan dimiliki oleh Pemerintah daerah untuk melakukan distribusi air bersih kemasyarakat. PDAM sendiri berdiri sendiri tiap daerah kabupaten dan kota. Tantangannya timbul ketika Pembayaran di onlinekan, maka setiap daerah masing-masing harus mengonlinekan dengan sistem berbeda. Bisa dibayangkan betapa perlunya usaha yang besar untuk melakukan Testing dan membangun sistem disetiap daerah dan kota secara terpisah. Sekedar informasi di Indonesia memiliki 530 kota kabupaten dan provinsi.Lain halnya dengan PLN yang dulu terpisah, dan ketika hendak dilakukan pembayaran online maka disatukan terlebih dahulu sistemnya P2APST, bayar dimana saja dan kapan saja pun bisa dilakukan.

PT. HENSEL DAVEST INDONESIA, selaku switching PDAM juga telah berusaha membantu ditiap daerah agar dapat mengonlinekan pembayaran PDAM nya. Sekarang ini sudah sekitar 70 kota yang terhubung dengan sistem pembayan online PDAM. Terakhir kali adalah penjajakan kerjasama dengan PDAM POLMAN dan PDAM Barru.

                                             (Sosialisasi dengan pemerintah Barru)

Jika ada PDAM yang mau dionlinekan pembayaran airnya bisa menghubungi melalui email : biz@hdindonesia.co.id. Untuk pembayarannya sendiri bisa melalui Davestpay.com dengan real time tagihan air, bagi kota-kota yang PDAM nya sudah online.

 
Keywords : pengertian pdam,pembayaran pdam,pembayaran pdam lewat atm,pembayaran pdam online,pdam online,cek tagihan,cek tagihan pdam,switching pdam,tagihan pdam,pdam kota,cek tagihan,bayar online,PDAM Makassar